5 fakta unik dan menarik mengenai tradisi ala Jawa Tedak Siten

- Kamis, 29 September 2022 | 13:53 WIB
baby Ameena calon beauty vlogger, pilih 3 benda ini di acara tedak siten  Sumber foto: foto instagram @attahalilintar
baby Ameena calon beauty vlogger, pilih 3 benda ini di acara tedak siten Sumber foto: foto instagram @attahalilintar

Hops.ID - Tedak Siten merupakan salah satu tradisi Jawa dimana menempatkan seorang anak pada banyak properti dan benda sakral guna mengubahnya dalam artian mendoakannya kelak menjadi lebih baik, dewasa dan mapan tentunya.

Memiliki masa waktu sudah berabad-abad, Tedak Siten menjadi budaya tertentu pada suatu adat. Semua itu, memiliki kebenaran dan sisi uniknya.

Penasaran, berikut 5 fakta menarik tentang Tedak Siten, dimana belum banyak orang tahu. Apa saja? Simak ulasan berikut.

Baca Juga: Hancur imej Rizky Billar sebagai suami santun oleh dugaan kasus KDRT pada Lesti Kejora, pengacara: Sudah visum

1. Dilakukan pada anak dibawah satu tahun

Mengingat fase tersebut, merupakan langkah awal anak belajar melangkah dan berjalan. Jadinya tradisi Tedak Sinten memiliki keharusan dimana mulai diterapkan pada usia dini yakni kisaran sekitar 7 sampai 8 bulan.

Tentu akan terlihat ‘rancu’ jika menggelar adat unik Jawa tersebut pada umur tiga sampai lima tahun. Banyak yang berspekulasi bahwa sang anak akan terkena banyak ‘problema’ saat besar nanti.

2. Hanya dilakukan pada suku Jawa

Dari namanya saja Tedak Siten dimana berarti ‘Menginjak Bumi’ pada bahasa Jawa Sansekerta Kuno. Ditambah dengan istilah khas lainnya seperti air Sritaman, gege dan air kembang rupa.

Halaman:

Editor: Wefni Azlen

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

Lirik lagu Bila Nanti - Nabila Maharani

Minggu, 4 Desember 2022 | 10:24 WIB