Sukitman, saksi hidup penemu sumur maut Lubang Buaya tempat jenazah para Pahlawan Revolusi berada

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 15:12 WIB
AKBP Purn. H. Sukitman, saksi mata penemu sumur maut Lubang Buaya tempat jenazah para Jendral ditemukan. (Tangkapan layar Channel Youtube @Vitho TV)
AKBP Purn. H. Sukitman, saksi mata penemu sumur maut Lubang Buaya tempat jenazah para Jendral ditemukan. (Tangkapan layar Channel Youtube @Vitho TV)

HopS.ID- Sebagai masyarakat Indonesia siapa yang tidak mengetahui sejarah kelam yang pernah terjadi di negeri ini.

Peristiwa G30S PKI adalah kejadian tragis penculikan dan pembunuhan para pahlawan revolusi yang harus diingat dari generasi ke generasi.

Salah satu sosok hidup yang melihat secara langsung bagaimana putra putra terbaik bangsa ini dieksekusi hingga dimasukkan ke dalam sebuah sumur maut dengan cara yang biadap yaitu Sukitman.

Sosok Sukitman ini memang tidak terlalu banyak dibahas ketika guru sejarah di sekolah menerangkan peristiwa G30S PKI. Sukitman ialah seorang polisi berpangkat II yang telah berjasa menemukan sumur maut Lubang Buaya.

Baca Juga: Begini keadaan Baby L sekarang, sekaligus fakta soal rahang Lesti Kejora geser?

Sukitman lahir pada tanggal 30 Maret 1943 di Desa Cimanggu, Pelabuhan Ratu, Jawa Barat. Setelah lulus dari Sekolah Rakyat, beliau melanjutkan studinya untuk menjadi seorang polisi.

Dikutip Hops.ID dari channel YouTube @Vitho TV pada 1 Oktober 2022, Sukitman memaparkan bahwa ketika tanggal 30 September 1965 malam, beliau bersama rekan kerjanya bernama Sutarso yang sama sama polisi berpangkat Agen Polisi II kala itu sedang melaksanakan tugasnya menjaga Seksi VIII Kebayoran Baru, Wisma AURI di Jalan Iskandarsyah, Jakarta.

Setelah masuk pukul 03.00 dini hari tanggal 1 Oktober 1965. Sukitman mendengar suara tembakan senjata yang terdengar tidak jauh dari posisi beliau berjaga.

Baca Juga: Baru terbongkar! Sosok ini sebut Lesti Kejora bukan wanita idaman Rizky Billar, penyebab diselingkuhi?

Halaman:

Editor: Nada Shofura Faradyana

Sumber: YouTube @Vitho TV

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Kasus pelanggaran pelanggaran HAM di Indonesia

Sabtu, 3 Desember 2022 | 09:56 WIB