25 November diperingati Hari Guru Nasional, begini potret peringatan di negara lainnya

- Jumat, 25 November 2022 | 14:14 WIB
Peringatan Hari Guru Nasional tidak hanya di Indonesia, bahkan Argentina, Korea, India, Venezuela turut merayakannya (pixabay)
Peringatan Hari Guru Nasional tidak hanya di Indonesia, bahkan Argentina, Korea, India, Venezuela turut merayakannya (pixabay)

Hops.ID - Guru bukan hanya mengajar, tetapi juga mendidik dari berbagai aspek, oleh sebab itu tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional.

Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2022! Jasa seorang guru sangatlah besar dan mempunyai nilai yang tak terhingga.

Lantas, seperti apa sebenarnya pengadaan Hari Guru Nasional, berikut ulasan sejarah mengenai peringatan Hari Guru baik di Indonesia dikutip dari Suara.com 25 November 2022.

Indonesia

Sebagaimana diketahui Indonesia memperingati Hari Guru Nasional setiap tanggal 25 November yang bertepatan juga dengan Hari lahirnya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Baca Juga: 4 Negara di Piala Dunia 2022 dengan nilai pasar tertinggi, posisi keempat timnas yang dibela Ronaldo 

Namun, mengenai keputusan diadakannya Hari Guru Nasional pada tahun 1994, dan resmi dijatuhkan pada setiap tanggal 25 November.

Berangkat dari sejarah yakni jauh sebelum nama PGRI terbentuk, persatuan guru di Indonesia bernama PGHB (Perserikatan Guru Hindia Belanda). Tahun 1932, PGHB berubah nama menjadi PGI (Persatuan Guru Indonesia).

Pada saat itu, 3 bulan pascadeklarasi proklamasi kemerdekaan Indonesia, persatuan guru mengadakan Kongres I PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) yakni pada tanggal 24 hingga 25 November 1945 di Surakarta.

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini