Dijuluki sebagai gua terdalam di dunia, ini 3 fakta menarik gua Veryovkina yang jarang diketahui

- Minggu, 27 November 2022 | 14:43 WIB
Salah satu pemandangan di rute pada Gua Veryovkina, Sumber foto: Instagram @efibel_creligg
Salah satu pemandangan di rute pada Gua Veryovkina, Sumber foto: Instagram @efibel_creligg

Hops.ID - Veryovkina Cave atau dalam bahasa Indonesianya, berarti Gua Veryovkina merupakan dan diklaim sebagai gua terdalam di muka bumi tepatnya memiliki kedalaman 2 km lebih hampir menyentuh lapisan mantel bumi.

Tentu suhu di bawah sana sangat panas dan bisa membuat kadar tubuh manusia rusak parah.

Terletak di negara Georgia, pecahan dari Uni Soviet pada masa lampau sekaligus bagian dari negara di bagian Eropa Timur serta memiliki bentang alam yang menakjubkan karena ada banyak gunung dan bukit di sana.

Baca Juga: Intip rahasia resep Basreng pedas daun jeruk, jajanan kekinian asal Sunda yang bisa jadi ide jualan

Wihh, pasti penasaran banget ya sahabat Hopers yang suka berpetualang dan menghadapi dunia ekstrim semacam hiking dan climbing seperti ini. Ok langsung saja, berikut tim Hops.ID akan menjelaskan 3 fakta menarik tentang Gua Veryovkina.

1. Diambil dari nama seorang petualang gua legendaris nan terkenal

Tahukah sahabat Hopers. Gua terdalam di dunia, yakni Veryovkina Cave atau dalam bahasa Indonesianya bernama Gua Veryovkina terdahulu bernama semacam kode atau asal kasih nama saja, sebut saja S-115 atau P1-7. Dengan penamaan seadanya tersebut, ternyata menyimpan misteri di dalamnya.

Sebagaimana dilansir dalam laman wondermondo.com, terkait dengan awal mula penamaan Gua terdalam dunia yakni bernama Gua Veryovkina berasal dari petualang gua memang benar dan dipastikkan ada dan bukan hoaks.

Nama petualang tersebut adalah Alexander Verevkin, dia tewas saat memasuki gua di kedalaman satu kilometer lebih dengan kondisi mengenaskan. Ditambah pada tahun 1980’ lalu alat untuk memasuki gua tidak secanggih sekarang apalagi keberadaan GPS dan Google Earth dan map. Saat itu belum ada dan masih murni dengan insting seadanya.

Halaman:

Editor: Anisa Widiarini

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini