Terdengar mustahil tetapi berhasil, berikut 4 jenis makanan yang dapat menghantarkan arus listrik

- Jumat, 2 Desember 2022 | 07:10 WIB
Ilustrasi sebuah kentang yang sedang dihantarkan aliran listrik (Instagram @philwife)
Ilustrasi sebuah kentang yang sedang dihantarkan aliran listrik (Instagram @philwife)

Hops.ID – Tahukah sahabat Hopers, bahwasannya makanan seperti buah dan sayuran dapat mengalirkan listrik serta dijadikan pengganti baterai di kala tidak lagi tersedia.

Yap, memang jika mendengarnya mungkin terdengar absurd dan mustahil jika ada benda non besi seperti makanan berupa buah dan sayuran bisa menghantarkan salah satu elemen terpenting di dunia tersebut.

Biar tidak menunggu terlalu, berikut tim Hops.ID akan menyebutkan 4 buah dan sayuran yang dapat mengalirkan arus listrik.

1. Apel

Sebagaimana dilansir dalam laman sciencing.com pada 1 Desember 2022, bahwasannya terkait dengan buah apel memiliki daya listrik untuk mengantarkannya memang benar dan sangat tepat.

Baca Juga: Dukung UKM farmasi, SMEsHub Indonesia gandeng Farmaklik Group di gelaran SMEsX 2023 UMKM Melesat

Misalkan dalam sebuah percobaan sederhana dengan menghubungkan pada sebuah kabel dan bohlam bekas tak terpakai. Buah apel terbukti dapat menyalakan bohlam tersebut.

Secara lengkap, jika ingin tau pembuktiannya, pertama siapkan satu buah apel, pendeteksi setrum (voltmater), kabel ampere postitif dan negatif, dan kertas minyak.

Kemudian colokkan kabelnya ke antara jeruk dan voltmeter, bila sudah, ukur hantaran listriknya, nantinya jarum voltmeternya dapat bergerak ke kanan.

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: zmescience.com, sciencing.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini