Hari Relawan Internasional diperingati setiap 5 Desember, yuk simak awal terbentuk dan fakta menariknya!

- Senin, 5 Desember 2022 | 11:07 WIB
Ilustrasi komunitas relawan (Pixabay)
Ilustrasi komunitas relawan (Pixabay)

Hops.ID - Tanggal 5 Desember setiap tahunnya, ternyata diresmikan sebagai Hari Relawan Internasional. Hari tersebut ditujukan untuk mengakui upaya para sukarelawan dalam mengubah masyarakat, ekonomi, dan lingkungan.

Kemudian Hari Relawan Internasional dirayakan bukan untuk membuat orang lain menjadi sukarelawan dalam satu hari saja, tapi untuk mengubah pola pikir, sikap, dan perilaku orang sehingga menjadi agen perubahan dan mitra untuk membangun dunia yang lebih baik.

Mendorong orang lain terlibat dalam pemecahan masalah sehingga mereka dapat mengambil tindakan merupakan salah satu alasan unuk merayakan Hari Relawan Internasional.

Baca Juga: Enggak habis pikir! Gempa melanda, Icha tetap berhubungan bertiga bersama temannya yang sudah menikah

Dilansir Hops.ID dari laman nationaltoday pada Senin, 5 Desember 2022, contoh pertama kesukarelaan berasal dari Eropa abad pertengahan. Ketika itu, agama dan perawatan orang sakit berjalan beriringan.

Kemudian pada abad ke-18, menjadi sukarelawan lebih cenderung mengarah ke dinas militer dibandingkan memberi kembali kepada masyarakat.

Barulah pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19, organisasi seperti Palang Merah, Lions Club, dan YMCA mulai mengumpulkan donasi, memobilisasi sukarelawan, dan melakukan pekerjaan amal dan pelayanan masyarakat.

Baca Juga: Update kasus Subang terbaru, pengamat sebut kondisi makam korban bisa jadi petunjuk pelaku pembunuhan

Pada tahun 1985 tepatnya tanggal 5 Desember, Program Relawan PBB telah mengoordinasikan Hari Relawan Internasional.

Halaman:

Editor: Shafa Haudy Taufik

Sumber: nationaltoday.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini