Trending

Usai KD, giliran Roy Suryo bongkar amplop coklat isi duit anggota DPR

Usai politisi PDIP Krisdayanti yang membongkar rincian gaji anggota DPR, kini giliran eks politisi Demokrat Roy Suryo yang memilih blak-blakan. Menurut dia, sudah bukan jadi rahasia umum kalau gaji dan tunjangan anggota DPR memang terbilang besar.

Maka tak heran, harta para anggota dewan kemudian bertambah banyak ketika menjabat. Roy Suryo lantas menyinggung soal amplop coklat berisi uang yang kerap diterima para anggota DPR. Amplop apakah itu.

Hal itu setidaknya disampaikan Roy Suryo ketika menjadi salah seorang narasumber di Apa Kabar Indonesia, dikutip Kamis 16 September 2021. Dia menanggapi cerita politisi PKS Nasir Djamil yang mengaku lupa berapa gajinya sebagai anggota dewan.

Bagi pakar telematika itu, dirinya malah kebalikannya, bahkan bukan hanya ingat, tapi masih menyimpan beberapa hal yang berkaitan dengan keuangan sebagai anggota dewan.

“Bukan hanya ingat, karena di luar dana-dana itu ada juga dana lain, misal kunjungan kerja anggota dewan baik dalam dan luar negeri. Itu beda dengan kunjungan dapil. Nah ini dia, para anggota dewan selalu menyebut PAC yaitu Pengumpul Amplop Coklat. Ini di luar (tunjangan dan gaji) tadi, dan ini resmi,” kata Roy Suryo sekaligus memperlihatkan amplop coklat dari saku jasnya ke kamera.

Menurut dia, uang-uang inilah yang juga bisa turut menambah pemasukan dari para anggota dewan. Adapun amplop coklat itu dikeluarkan resmi oleh Sekretariat DPR.

Ilustrasi uang rupiah. Foto: Mohamad Trilaksono dari Pixabay
Ilustrasi uang rupiah. Foto: Mohamad Trilaksono dari Pixabay

“Ada tempelan putih, misal untuk transportasi ke dapil kita. Nah semakin jauh, semakin tinggi pula angkanya. Waktu saya di 2019, saya dapat Rp18 juta sekali kunjungan. Dan dalam satu periode bisa sampai beberapa kali,” kata dia lagi.

Uang tambahan anggota DPR

Kemudian ada lagi dana reses sebesar Rp250 juta. Dana tambahan lain jika sebelumnya masa Roy Suryo 3 kali, kini menjadi 5 kali. Maka itu, dia menyebut, pendapatan yang diterima anggota DPR tentu bisa balik modal dari apa yang dikeluarkan saat dia menjadi anggota dewan.

“Kalau sekarang angka yang disebut KD, itu pasti masuk angkanya (balik modal), Rp450 juta dikali 5, Rp140 juta dikali 8, belum lagi sosialisasi 4 pilar, kunjungan kerja, belum lagi kunjungan kerja ke luar negeri, makanya dalam setahun ada yang naik banyak hartanya,” kata dia.

Sebelumnya, kasus gaji anggota DPR ini dibuat heboh usai keluarnya pengakuan dari politisi PDIP Krisdayanti yang mengungkap gajinya sebagai anggota dewan dan menjadi viral.

Rapat Komisi III DPR RI
Rapat Komisi III DPR RI. Foto Instagram @difoto_dito

Menurut KD, dia mendapatkan gaji bulanan dan tunjangan sebagai anggota DPR sebesar Rp356 juta atau Rp4,27 miliar per tahun. Besaran gaji anggota dewan tersebut lantas membuat banyak pihak melongo.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close