Trending

Usai ancam Rusia kini Inggris memanas dengan Prancis, sirine Perang Dunia III dimulai?

Setelah beberapa waktu lalu mengancam kekuatan militer Rusia, kini hubungan Inggris dengan Prancis kian memanas, sejumlah pihak menilai perseturan ini berpotensi memicu terjadinya Perang Dunia III.

Berdasarkan laporan dari VOA Indonesia, ketegangan Inggris dengan Prancis semakin menjadi-jadi bahkan pihak militer Negeri Ratu Elizabeth tersebut sudah mengirim dua kapal perang untuk bersiaga ke Selat Inggris.

Ketegangan kedua negara tersebut memanas usai adanya polemik soal sengketa hak penangkapan ikan. Dikabarakan beberapa waktu lalu, Nelayan Prancis mengatakan mereka dilarang mengakses perairan di sekitar pulau Jersey, Inggris.

Akibatnya pada Kamis, 6 Mei 2021, lebih dari 20 kapal pukat Prancis berlayar ke pulau itu untuk memrotes. Mereka menyalakan suar dan memasang spanduk menuntut akses ke perairan Jersey. Satu kapal Prancis sempat singgah di pelabuhan utama di pulau itu.

Kemudian pihak militer Inggris mengerahkan dua kapal perang ke sekitar daerah itu untuk memantau situasi.

Ilustrasi Perang Dunia III. Foto: Defencehub
Usia ancam Rusia, kini Inggris memanas dengan Prancis, sirine Perang Dunia III dimulai? | Ilustrasi Perang Dunia III. Foto: Defencehub

Seakan tak mau kalah, Prancis juga mengerahkan dua kapal patroli maritim ke perairan Prancis di sekitar Jersey. Namun kapal milik Inggris dan Prancis tetap terpisah sekitar 20 kilometer.

Pembicaraan antara nelayan dan otoritas Jersey untuk menyelesaikan perselisihan itu berlangsung Kamis. Jersey berpemerintahan sendiri tetapi Inggris bertanggung jawab atas pertahanan pulau itu, yang terletak di lepas pantai utara Prancis.

Soal kesepakatan hak penangkapan ikan dalam Brexit

Pasukan militer Inggris. Foto: Daily Express
Usia ancam Rusia, kini Inggris memanas dengan Prancis, sirine Perang Dunia III dimulai? | Pasukan militer Inggris. Foto: Daily Express

Berdasar kesepakatan Brexit, keluarnya Inggris dari Uni Eropa, ada ketentuan khusus untuk daerah penangkapan ikan di pulau itu, menurut pakar perikanan James Kane dari organisasi nirlaba Inggris, Institute for Government.

Berbicara kepada anggota parlemen di Majelis Nasional, Menteri Maritim Prancis Annick Girardin mengancam akan memutus pasokan listrik Jersey. Menteri Inggris Nadhim Zahawi mengatakan Kamis bahwa pemerintah akan mencari solusi atas perselisihan tersebut.

Uni Eropa mengimbau penyelesaian atas sengketa itu. Namun, menurut analis, ketegangan atas penangkapan ikan kemungkinan berlanjut karena Inggris berusaha memenuhi janji Brexit untuk mengambil lagi kendali atas perairan dan perbatasannya.

Militer Inggris bersiaga bikin Rusia gemetar

Dikabarkan sebelumnya, sejumlah negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara alias NATO sempat dibuat kaget dengan konflik yang melibatkan Rusia dan Ukraina.

Perseteruan kedua negara bahkan dinilai bisa memicu terjadinya Perang Dunia III lantaran menyeret negara lain, seperti Inggris dan Amerika Serikat (AS).

Pada April 2021 silam, beredar soal rencana Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (US Armed Forces) mengirim dua unit kapal perangnya ke Laut Hitam. Namun sejumlah sumber mengatakan bahwa hal tersebut ternyata hanya omong kosong belaka.

Awalnya, militer Amerika Serikat (AS) disebut akan mengambil sejumlah langkah untuk mengakhiri ketegangan Rusia dan Ukraina. Akan tetapi, Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, menegaskan bahwa rencana itu ternyata tidak benar.

Pihak Departemen Pertahanan AS (US Departement of Defense) berdalih operasi itu tak terwujud karena pengerahan armada kapal perangnya masih belum mendapat persetujuan.

Berdasarkan laporan Independent, Angkatan Bersenjata Kerajaan Inggris (Royal Armed Forces) tengah menyiapkan armada perangnya untuk bergerak ke Laut Hitam.

Bahkan militer Inggris tak cuam akan mengirim kapal perangnya. Armada tempur militer Inggris juga disebut akan diperkuat dengan pengerahan jet tempur siluman F-35 Lightning II.

Inggris jadi anggota NATO pertama yang berusaha menerobos blokade militer Rusia

Kapal Induk Inggris, HMS Queen Elizabeth. Foto: Defencehub
Usia ancam Rusia, kini Inggris memanas dengan Prancis, sirine Perang Dunia III dimulai? | Kapal Induk Inggris, HMS Queen Elizabeth. Foto: Defencehub

Salah seorang perwira senior Angkatan Laut Kerajaan Inggris (Royal Navy) yang tak disebutkan namanya, membenarkan informasi itu. Militer Inggris berencana akan memulai operasi militernya pada bulan ini, atau tepatnya Mei 2021. Pihaknya berdalih bahwa langkah ini diambil sebagai bentuk solidaritas antar sesama anggota NATO.

Dalam operasi kali ini, dikabarkan satu unit kapal perusak Type 45 dengan rudal anti-pesawat, dan satu unit kapal frigate anti-kapal selam Type 23 akan bergerak dari Laut Mediterania. Kedua kapal perang militer Inggris akan berangkat ke Laut Hitam usai mengakhiri misi bersama Grup Kapal Induk Angkatan Laut Inggris.

Enggak main-main, Angkatan Udara Kerajaan Inggris (Royal Air Force) juga memanaskan armadanya. Jet tempur siluman F-35 dan Helikopter anti-kapal selam AgustaWest AW 101 Merlin akan jadi andalan dalam operasi nanti.

Kedua kendaraan tempur udara itu akan berangkat dari Kapal Induk HMS Queen Elizabeth, yang juga berada di Laut Mediterania. Kalau saja rencana ini berhasil alias mulus dilaksanakan, maka Inggris akan jadi negara anggota NATO pertama yang mencoba menerobos blokade militer Rusia.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close