Trending

Usia kepala dua tapi sudah tajir melintir, ini daftar kekayaan Belva Devara

Belva Devara belakangan ramai diperbincangkan masyarakat, pangkalnya, CEO Ruangguru itu memilih mengundurkan diri dari kursi stafsus Presiden Joko Widodo usai disebut-sebut terbelit skandal keikutsertaan usahanya dalam program Kartu Prakerja.

Menurut Belva, surat pengunduran dirinya sudah disampaikan ke Presiden Joko Widodo sejak 15 April 2020 lalu. Dan kini, pengunduran itu akhirnya diterima legowo oleh Jokowi.

Baca Juga: Salip Indonesia, Singapura kini dihantui ledakan kasus corona: Sehari naik 1.000

Yang tak kalah menarik perhatian publik kini adalah seputar kekayaan remaja berusia 29 tahun itu. Sebab, di umur segitu, dia sudah menorehkan kekayaan triliunan. Seberapa banyak kekayaannya?

Pendiri Ruangguru, Adamas Belva Syah Devara
Pendiri Ruangguru, Adamas Belva Syah Devara. Foto Instagram @belvadevara

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dikeluarkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), eks stafsus Belva Devara tercatat melaporkan kekayaannya terakhir pada 2019. Ketika itu Belva tercatat memiliki mobil priadi berupa Honda HRV keluaran 2014 senilai Rp250 juta.

Dia juga kemudian tercatat memiliki simpanan berupa surat berharga senilai Rp 1,3 triliun. Demikian disitat Suara, Rabu 22 April 2020.

Sedangkan dari saldo kas atau yang setara kas, eks stafsus Belva Devara tercatat memiliki Rp2,9 miliar. Jumlah ini belum ditambah dengan harta lain-lain senilai Rp115 juta. Dari jumlah seluruhnya, Belva Devara hingga kini mengantongi hasil kekayaan hingga lebih dari Rp1,3 triliun.

Mundur dari proyek?

Mundurnya Belva Devara dari kursi stafsus milenial Presiden Jokowi kemudian ramai disorot banyak pihak. Salah satunya datang dari Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon.

Ini terkait dengan sikapnya, apakah tetap melanjutkan proyek program Kartu Prakerja yang melibatkan Ruangguru.

Menurut Fadli, selain mengundurkan diri dari stafsus Presiden, Ruangguru yang dipimpin Belva Devara juga ada baiknya ikut mundur dari proyek program Kartu Prakerja.

“Sekalian harus mundur dari proyeknya,” sebut Fadli di akun Twitternya.

Selain itu, Fadli juga meminta agar proyek Kartu Prakerja turut juga dibatalkan karena sarat akan konflik kepentingan. “Harusnya batalkan juga proyek ini, penuh konflik kepentingan dan akal-akalan,” kata Fadli lagi.

Presiden Jokowi bersama tujuh Staf Khusus Milenial
Presiden Jokowi bersama tujuh Staf Khusus Milenial. Foto: Instagram @rmolbanten

Sementara itu, terkait mundurnya Belva Devara, pegiat media sosial Denny Siregar pun turut angkat bicara. Menurut Denny, pengunduran diri Belva justru patut diapresiasi karena menunjukkan ketauladanan yang baik bagi masyarakat.

“CEO Ruang Guru sekaligus stafsus Presiden Belva Devara, hari ini resmi mundur dari jabatannya, karena tidak ingin ada konflik kepentingan,” kata Denny disitat dari akun Twitter-nya.

“Saya harus beri tepuk tangan dan salam hormat padanya. Sebuah contoh yang baik bagi generasinya.”

Nama Belva mencuat usai Ruangguru ditunjuk langsung menjadi salah satu platform pelatihan Kartu Prakerja. Meski mengaku tak ikut campur soal keputusan tersebut, hal itu kadung memicu polemik dari berbagai kalangan.

Belva Devara dicurigai melakukan nepotisme karena perusahaan yang ia dirikan mendapatkan proyek dari negara yang notabene adalah tempat ia bekerja sebagai stafsus.

Ia pun belakangan resmi melepas statusnya sebagai stafsus milenial setelah surat pengunduran diri yang ia buat diterima oleh Presiden Jokowi.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close