Trending

Jelaskan cara sikapi penghina Habib, Ustaz Riza Muhammad: Maafkan dia

Ustaz Riza Muhammad memberikan penjelasan mengenai hukuman bagi penghina habib ataupun keturunan Nabi sesuai dengan anjuran dalam agama Islam. Seperti diketahui, belakangan ramai tudingan hinaan kepada Habib Rizieq yang dilakukan oleh figur publik kenamaan. Lantaran hal ini, publik pun seolah terbagi menjadi dua kubu yang berbeda.

Seperti apa penuturan Ustaz Riza Muhammad selengkapnya? Yuk, simak!

Baca Juga: Nama Nikita Mirzani terseret, Isa Zega beberkan tarif pemukulan: 50 juta untukā€¦

Dilansir dari kanal Youtube Ambu Rani, Ustaz Riza menjelaskan bahwasanya setiap mukmin merupakan saudara. Hal ini tertuang dalam surah Al-Hujurat ayat ke-10 dan 11.

“Islam selalu menjaga satu etika, teh. Al-Qur’an menjelaskan dalam surah 49 Al-Hujurat ayat yang ke-10… ‘setiap mukmin adalah bersaudara dan damaikan apabila ada perseteruan di antara saudara itu agar kau menuju kemenangan’,” ujarnya.

Menurut pemaparan Ustaz Riza Muhammad, Al-Qur’an melarang satu kelompok untuk mengolok kelompok lainnya, terlebih bagi sesama muslim.

“Di bawahnya lagi Al-Hujurat ayat 11, ‘dilarang satu kelompok mengolok-olok kelompok yang lain, dilarang satu perempuan menghina perempuan yang lain, dilarang saling mencaci maki dilarang saling memanggil gelar buruk untuk saudaranya. Jadi, secara fitrah siapapun dia dilarang mencaci saudara semuslimnya,” ujarnya.

Habib Rizieq
Habib Rizieq di Polda Metro Jaya. Foto Antara/Retno Esir

Menanggapi isu yang belakangan tengah santer merebak, Ustaz Riza menjelaskan bahwa kita seharusnya memaafkan pelaku, meminta ampunan atasnya, hingga bermusyawarah. Terlebih, pelaku yang diduga menghina Habib Rizieq merupakan seorang perempuan muslim.

“Lah bagaimana menghadapi orang yang menghina tadi? Maafkan dia, mohon ampukan dia, bermusyawarah dengan urusannya,” ujarnya.

Ustaz Riza Muhammad. Foto: Instagram.
Ustaz Riza Muhammad. Foto: Instagram.

Kendati begitu, Ustaz Riza mengaku miris dengan kejadian tersebut. Ia merasa sedih lantaran sesama muslim saling menjatuhkan. Menurutnya, salah satu ciri orang yang beriman kepada Allah terlihat dari tutur kata yang baik.

“Makanya kemaren kalau sampai ada kejadian yang kita saksikan itu, miris ya. Kita ikut sedih, kita sesama muslim yang harusnya saling menjaga, tapi ini saling menjatuhkan, naudzubillah himindzalik,”

“Orang yang beriman kepada Allah berbicaralah yang baik, kalau tak mampu lebih baik diam,” ujarnya.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close