Hot

Ustaz Riza Muhammad komentari soal Zakiah Aini ditembak di Mabes Polri: Tidak boleh membunuh jiwa yang tak bersalah

Ustaz Riza Muhammad beri tanggapan soal bom bunuh diri yang terjadi di Gereja Katedral Makassar dan penembakan polisi kepada pelaku ZA (Zakiah Aini) yang menerobos masuk ke Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) sekitar pukul 16.03 WIB, Rabu sore, 31 Maret 2021.

Suami artis Indri Giana tersebut mengungkapkan pendapatnya lewat sebuah video singkat yang ia unggah di Instagram TV belum lama ini. Diawali dengan salam, bagaimana komentar lengkap Ustaz Riza Muhammad soal hal itu? Simak ulasan berikut.

Ustaz Riza Muhammad soal penembakan Zakiah Aini di Mabes Polri

Aksi terorisme di Mabes Polri masih menjadi perbincangan hangat jagat maya. Akibatnya, terjadi peristiwa tembak menembak antara polisi dengan seorang wanita yang menerobos masuk ke area Polri, Zakiah Aini. Akhirnya, pelaku yang diketahui seorang mahasiswi kelahiran tahun 1995 tersebut tewas di tempat.

Unggahan Ustaz Riza Muhammad
Unggahan Ustaz Riza Muhammad. Sumber: Instagram

Sebelum penembakan di Mabes Polri, terjadi bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar pada Minggu, 28 Maret 2021. Hal itu membuat masyarakat, termasuk Ustaz Riza Muhammad ikut menanggapi. Ustaz Riza kemudian menyampaikan duka mendalam atas dua kejadian itu.

“Saya turut berduka cita, sedih, atas peristiwa meledaknya bom bunuh diri di Makassar, terus satu peristiwa baku tembak yang terjadi di kepolisian,” kata Ustaz Riza Muhammad dilansir Hops pada Jumat, 2 April 2021.

Menurut Ustaz Riza, umat Muslim seharusnya berpegang teguh pada Al Quran dan Hadist agar tidak melenceng. Hal ini karena katanya semua jawaban atas berbagai permasalahan ada di dalam Al Quran.

“Oleh karenanya hal ini harus menjadi perhatian kita semuanya agar setiap Muslim kembali pada fitrah agama Allah. Dua perkara yang ditinggalkan Rasul, selama ia berpegang teguh kepada yang tidak akan pernah sesat, Quran, dan Hadist. Kalau menghadapi suatu persoalan, carilah jawabannya di Quran,” ungkapnya.

Dilarang membunuh jiwa yang tak bersalah

Lebih jauh, Ustaz Riza juga membahas hukum Islam soal membunuh seseorang yang tidak bersalah. Ia kemudian memberikan penjelasan lewat ayat Al Quran, yakni Surat Al Isra ayat 33. Dalam penjelasannya, Ustaz Riza menyebut kalau membunuh seseorang adalah dosa besar, apalagi orang tersebut tidak bersalah.

Mabes Polri diserang. Foto: Istimewa
Mabes Polri diserang. Foto: Istimewa

“Bagaimana hukum membunuh orang yang tidak bersalah? Dilarang membunuh jiwa yang tidak bersalah tanpa sebuah alasan yang benar karena itu sudah perintah, harusnya kita memakan patokan ini, jangan sampai melakukan aksi pembunuhan terhadap orang-orang yang tidak bersalah sebab hal ini termasuk tujuh perkara dosa yang sangat besar,” ujarnya.

Di akhir video, Ustaz Riza Muhammad berharap agar umat Muslim dapat mengambil hikmah atas kejadian ini termasuk berpatokan pada Al Quran dan Hadist.

“Mudah-mudahan kita bisa mengambil hikmah dari pembelajaran ini agar kita berhati-hati dalam bersikap, menjadi Muslim yang taat yang berpatokan kepada Quran dan Hadist Rasulullah SAW,” pungkas Ustaz Riza Muhammad.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close