Trending

Usus pria ini ‘meledak’ usai santap sup pangsit dalam porsi besar

Seorang pria asal kota Huai’an, provinsi Jiangsu, China hampir tewas setelah mendengar suara ledakan dari dalam perutnya usai menikmati sup pangsit dalam porsi besar.

Berdasarkan laporan dari Stasiun Televisi dan Radio Jiangsu, pria berusia 63 tahun itu mengatakan ia mendengar suara ledakan dari dalam tubuhnya.

Baca juga: Tak gentar sama peluru, polisi kekar malah kicep sama jarum suntik

Pria yang dikenal dengan Wang itu, mengatakan kepada wartawan setempat bahwa ia merasakan sakit perut yang luar biasa dan keluar keringat yang sangat banyak setelahnya. Ia pun akhirnya dilarikan ke rumah sakit oleh anggota keluarganya.

Melansir Daily Mail pada 3 Agustus 2020, Wang diduga menderita penyumbatan usus selama lebih dari setahun sebelum kejadian ini. Penyumbatan usus yang diderita Wang juga menyebabkan usus transversalnya berlubang sekitar 1,2 inci.

Wang mengatakan, ia baru saja selesai makan semangkuk besar wonton –sejenis sup pangsit yang terkenal di China bagian timur- sekitar pukul 6 sore. Tak lama kemudian, ia mendengar suara ledakan dari perutnya.

Ilustrasi sup wonton. Foto: Gahinggahing di Pixabay

Selama pemeriksaan medis, dokter dari Rumah Sakit Pengobatan Tradisional China Huai’an, menemukan rongga perut pria tersebut penuh dengan kotoran (feses).

Seorang dokter pengawas bernama Sun Jian mengatakan, bahwa petugas medis harus menyedot hampir 3 ribu milimeter kotoran dan cairan dari perut Wang dan membersihkannya dengan 23 ribu milimeter air.

Setelah melakukan serangkaian perawatan medis, Wang kini dikabarkan dalam kondisi yang stabil.

Makanan dan minuman penyebab penyumbatan usus

Kasus penyumbatan usus seperti yang dialami Wang ini dapat disebabkan dari beberapa faktor. Melansir Suara, ada beberapa makanan dan minuman yang dapat menyebabkan penyumbatan usus, seperti kafein, makanan pedas, wortel mentah, susu sapi dan tepung putih.

Makanan ataupun minuman yang mengandung kafein diketahui bisa memicu refluks asam karena membuat rileks sfingter esophagus-flap yang menjaga makanan di perut.

Sakit perut
Sakit perut Photo: Pixabay.

Kemudian makanan yang pedas juga dapat memicu gejala refluks bagi sebagian orang. Selain itu, makanan dengan banyak rempah panas juga bisa menyebabkan penyumbatan usus besar.

Lalu wortel mentah, yang dapat membuat mual selama beberapa jam karena berhenti di perut dan bisa menyebabkan penyumbatan usus.

Sedangkan susu sapi, diketahui adalah zat pembentuk lendir paling banyak yang bisa dimasukkan ke dalam mulut dan berakhir di saluran cerna.

Sementara tepung putih, dapat bertindak seperti lem di dalam usus besar, sehingga tidak disarankan untuk terlalu sering mengonsumsi tepung jenis ini agar tak terjadi penyumbatan di usus. (re2)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close