Fit

Pasca suntik tak langsung kebal, vaksin covid-19 butuh waktu segini untuk aktif

Vaksin covid-19 akan beredar di pertengahan 2021. Hadirnya vaksin setelah menjalani hampir satu tahun masa pandemi terasa bagai hujan di musim kemarau.

Namun meski telah mendapatkan vaksin covid-19 akankah tubuh kita langsung bebas vaksin? Nyatanya tidak.

Dilansir laman Huffpost, meski tubuh mendapatkan vaksin, namun tubuh tetap membutuhkan waktu untuk membangun respons kekebalan yang akan membuat kamu tetap aman dan terlindungi dari virus corona.

Reaksi tubuh yang tidak instan itu mem buat ara ahli dan dokter menganjurkan tetap meneraapkan protokol kesehatan. Artinya vaksin juga butuh waktu untuk bereaksi.

Vaksin umumnya dirancang untuk mencegah Covid-19, teknologinya menggunakan messenger RNA (mRNA). Setiap suntikan di lengan pada dasarnya mencakup instruksi yang mengajari tubuh dalam cara melawan dan menggoyahkan virus corona.

Onyema Ogbuagu, seorang dokter penyakit menular di Yale Medicine, mengatakan bahwa pemberian vaksin bisa melakukan tindakan pencegahan lebih banyak.

“Ketika seseorang terpapar virus yang sebenarnya, mereka sudah memiliki antibodi yang telah terbentuk sebelumnya untuk menghindari infeksi atau setidaknya mengurangi keparahannya,” katanya.

Tubuh setiap orang membutuhkan waktu bisa bereaksi terhadap virus corona dan membangun sistem pertahanan yang dapat secara efektif melumpuhkan virus.

Proses ini tidak terjadi dalam semalam, jadi Anda secara teknis tidak akan aman segera setelah divaksinasi. Sebagian besar vaksin Covid-19 diberikan dalam dua dosis, biasanya diberikan terpisah tiga hingga empat minggu untuk meningkatkan kadar antibodi dan perlindungan.

“Keseluruhan proses itu biasanya memakan waktu sekitar 28 hari dan selesai segera setelah Anda mendapatkan suntikan kedua,” ujarnya.

Maka tubuh butuh waktu kurang lebih satu bulan untuk beradaptasi dengan baik.

Ilustrasi vaksin Covid-19
Ilustrasi vaksin Covid-19. Foto Instagram @consciouslifenews

Sementara itu beberapa kandidat vaksin seperti Moderna dan Pfizer adalah vaksin dua dosis, itu artinya perlu suntikan penguat kedua beberapa minggu setelah suntikan pertama.

Dengan vaksin satu dosis, seperti kandidat Johnson & Johnson, tubuh kamu masih membutuhkan waktu sekitar 29 hari untuk memecahkan kode dan membangun kekebalan yang cukup terhadap Covid-19.

“Saat Anda mendapatkan vaksin, biasanya ada jeda waktu antara saat Anda mendapat vaksin dan saat Anda terlindungi dari virus. Ini hanya waktu yang dibutuhkan sistem kekebalan Anda untuk merespons antigen baru dan mengembangkan ingatannya ketika bersinggungan dengan infeksi baru,” kata Ogbuagu.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close