Unik

Ketuban sudah pecah, seorang wanita melahirkan tiba-tiba sambil berdiri

Sebuah video durasi 30 detik viral di TikTok dan menarik perhatian netizen. Kejadian ini viral dari akun TikTok @Radarbandung.

Dalam unggahannya, tampak seorang wanita berbaju kuning sedang berpegangan dinding di lorong bagian luar dekat mesin ATM. Berdasarkan keterangan, wanita tersebut melahirkan sambil berdiri di halaman sebuah rumah sakit di Yogyakarta.

Wanita berbaju kuning yang telah melahirkan tampak tenang dan tidak kesakitan, sedangkan bayinya sudah lahir dengan keadaan plasentanya masih menempel. Untungnya, tampak seorang pria yang membantu memegangi bayi tersebut.

Para warga yang sedang berada di tempat itu, turut mengamati dengan perasaan cemas, namun tidak berani untuk menolong.

Seorang pria yang merekam peristiwa tersebut, mencoba meminta tolong kepada orang sekitar sambil merekam video.

“Ini bukan Covid mbak, tolong mbak, ya Allah,” ujar pria yang merekam peristiwa tersebut.

Ilustrasi Ibu Melahirkan Berdiri. Foto: TikTok @RadarBandung
Ilustrasi Ibu Melahirkan Berdiri. Foto: TikTok @Radarbandung

Saat dimintai keterangan, Direktur Utama RS Pratama Yogyakarta, Abdul Latif, membernarkan bahwa ada peristiwa seorang wanita yang melahirkan sambil berdiri. Kejadian tersebut terjadi pada Senin (12/07/21) pukul 08.30 WIB.

“Kejadian tersebut Senin pagi, ibu melahirkan saat baru datang ke RS. Jadi datang ke RS sudah kondisi hampir lahir dan mbrojol (bayinya keluar) di depan UGD,” kata Latif, dilansir dari Detik.

Latif juga menjelaskan bahwa ada petugas medis dan satpam yang berjaga langsung memberikan pertolongan. Sayangnya, pertolongan yang diberikan tidak terekam ke dalam video yang beredar.

“Perekam tersebut tidak merekam tindakan petugas medis RS dan satpam yang melakukan pertolongan segera setelah brojol,” ungkap Latif.

Selain itu, ia juga menegaskan bahwa fasilitas kesehatan pihaknya tetap berpedoman untuk memberikan pelayanan sebaik mungkin, baik kepada pasien COVID-19 ataupun non COVID-19.

Wanita yang melahirkan sambil berdiri pada saat itu datanya belum lengkap karena keburu melahirkan. Sehingga harus melaksanakan tes PCR sebagai bentuk antisipasi.

“Saat pasien datang, belum lengkap data-datanya terkait status COVID-19 karena keburu melahirkan. Dengan demikian kami tetap lakukan swab PCR sebagai penegakan diagnosis utama kepada ibu yang melahirkan,” pungkasnya.

“Apakah masuk penanganan pasien COVID-19 atau reguler,” tambahnya.

Ilustrasi Ibu Melahirkan Berdiri. Foto: TikTok @RadarBandung
Ilustrasi Ibu Melahirkan Berdiri. Foto: TikTok @RadarBandung

Ia mengatakan, saat ini kondisi sang ibu dan anak sehat. Mereka dalam perawatan rumah sakit.

“Dalam perawatan RS. Alhamdulillah bayi maupun ibunya dalam kondisi baik,” tambahnya lagi.

Dilansir dari Sloops, Latif memberikan keterangan bahwa wanita berbaju kuning dan suaminya hendak ke RS Swasta dan sudah ada tanda-tanda akan bersalin.

“Jadi sebelumnya dia telah lebih dulu cek ke RS swasta dan itu sudah ada tanda-tanda akan bersalin, tapi kemudian dia bersama suaminya ke RS Pratama dan kemudian sampai di depan IGD langsung brojol,” tutupnya.

Respon warganet

Unggahan yang viral ini telah dikomentari lebih dari 32 ribu komentar dengan nada sedih.

“Kuat banget yaallah itu ibu nya, semoga sehat” bayi dan ibunya…,” tulis @minhousee.

“Gua kira mau lahiran ternyata dah lahir, ngeri banget & hebatnya beliau masih kuat berdiri,” komentar @reza_july31.frkby.

“MasyaAllah ibunya kuat bgt, ngilu bgt lihatnya, apa ga keburu dibawa ke klinik ya sebelum pecah ketuban. Kasihan bgt gatega,” kata @al.faizi.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close