Fit

Bisa gak ya, virus corona menular lewat seks?

Peringatan untuk menjaga diri dari virus corona muncul di mana-mana, termasuk di Tinder. Aplikasi kencan populer tersebut ikut memberi info soal COVID-19. “Kami pengin kamu tetap bersenang-senang, tapi melindungi diri dari virus corona lebih penting,” tulis Tinder. Info itu berlanjut tentang tips pencegahan beserta tautan ke website WHO. Lalu muncul pertanyaan, apakah virus corona menular lewat seks? Apa iya, berhubungan badan, ciuman atau oral seks bisa menularkan virus corona?

Sayangnya, para ahli belum bisa memberikan jawaban atas pertanyaan itu. “Yang kita tahu sejauh ini, COVID-19 ada pada sekresi pernapasan,” kata Dr. Kristin Englund MD, dari departemen penyakit menular di klinik Claveland, dilansir dari laman Health.

Sekresi pernapasan termasuk droplet yang keluar dari mulut penderita melalui batuk atau bersin. Karena sekresi pernapasan dari orang yang terinfeksi COVID-19 mengandung virus, beberapa negara seperti Prancis dan Italia melarang warganya saling menyapa lewat ciuman di pipi. Ciuman di pipi lazim digunakan oleh warga Italia dan Prancis sebagai sapaan.

Mencium pasangan, tentu saja lebih terasa intim dibanding ciuman di pipi. Masuk akal memang, mencium seseorang yang menderita COVID-19 bisa membuat kamu ikut tertular. “Sampai saat ini, kami belum mengetahui detail seperti itu,” kata Dr. Kristin.

Corona menular lewat seks? Photo: Pixabay

Yang pasti, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) bilang kalau virus corona bisa menular lewat kontak dekat dengan seseorang yang terinfeksi. Terhitung kontak dekat jika berada dalam jarak kurang dari dua meter. Hmm, sedangkan kalau bercinta, sudah pasti berada dalam jarak kurang dari itu. Jadi berisiko kalau pasangan ternyata ‘membawa’ virus corona.

Baca juga: Naik level! Kini virus corona jadi pandemi, bedanya dengan epidemi?

Apakah virus corona bisa berada di dalam cairan tubuh seperti cairan vagina atau sperma? Hal itu juga belum diketahui dengan pasti sampai saat ini. “Kami belum bisa mengeluarkan pernyataan apakah aktivitas seksual bisa menularkan virus corona, karena belum ada datanya,” kata Dr. Kristin. Kalau kamu khawatir virus corona menular lewat seks dengan pasangan, sebaiknya tunda sampai status kesehatan pasangan diketahui dengan pasti. Lebih baik mencegah, daripada mengobati, kan…

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close