Fit

Kenali 4 jenis wajan aman untuk kesehatan: Anti racun dan tahan lama

Kenali 4 jenis wajan aman untuk kesehatan: Anti racun dan tahan lama

Ketika menyiapkan makanan untuk keluarga tersayang, alat masak yang digunakan seringkali diabaikan. Padahal, memilih alat masak juga penting lho. Salah memilih alat masak, bisa-bisa memicu masalah kesehatan.

Baca juga: Tak disadari, ini 4 alat masak mengandung racun: Bahaya bagi kesehatan

Membingungkan memang jika memilih alat masak. Apalagi di pasaran ada berbagai macam. Namun yang pasti, tidak semua alat masak sehat.

Penting diketahui, saat kamu memanaskan makanan terkadang ada unsur kimia dari alat masak yang menyerap ke dalam makanan. Otomatis akan menumpuk dan menjadi cikal bakal penyakit di kemudian hari.

Gejalanya mungkin tak langsung terlihat, namun jika digunakan setiap hari tentu akan sedikit demi sedikit menumpuk dalam tubuh kita.

Memilih wajan aman untuk kesehatan

Untuk memilih wajan dan alat masak yang sehat, sebelumnya kamu harus kenal dulu beberapa jenis wajan yang populer.

Ada 8 jenis yang paling banyak dijual dan dicari di pasaran, yaitu teflon, aluminium, stainless steel, keramik, lapis keramin, tembaga, kaca dan besi. Berikut ini uraiannya.

Teflon

Wajan anti lengket
Wajan anti lengket Foto: Pixabay

Wajan dan berbagai alat masak jenis teflon adalah panci terpopuler dan paling sering digunakan oleh kebanyakan ibu rumah tangga. Selain murah dan memiliki desain bagus, teflon juga mudah dibersihkan.

Teflon yang dimaksud bukanlah merek ‘teflon’, namun jenis wajan anti lengket yang umumnya di jual.

Teflon ini adalah panci yang paling berbahaya digunakan karena mengandung PTFE (Polytetrafluoroethylene) di lapisannya.

Jika dipanaskan sampai suhu tertentu akan melepas partikel racun dari lapisannya dan masuk ke dalam masakan yang kita masak.

Wajan aluminium

Panci Aluminium
Panci Aluminium Foto: Istimewa

Selain wajan panci aluminium juga banyak sekali digunakan karena murah dan ringan. Tapi, panci aluminium ini mengeluarkan zat toxic yang berpengaruh terhadap sistim saraf saat digunakan atau dipanaskan.

Biasanya panci aluminium ini dilapisi dengan satu lapisan yang tipis dan mudah rontok setelah digunakan beberapa kali, dan zat toxic tersebut bisa masuk ke dalam makanan yang dimasak.

Baca juga: Aluminium foil jadi salah satu alat masak mengandung racun, ini alasannya

Wajan tembaga

Bahan tembaga ini memang terlihat cantik kalau dikoleksi menjadi alat memasak dan dipajang di dapur. Tapi sama seperti aluminium, bahan tembaga ini juga mengeluarkan zat toxic yang berbahaya bagi tubuh.

Tubuh kita mempunyai toleransi terhadap unsur tembaga ini dan jika berlebihan akan mengakibatkan keracunan.

Wajan lapis enamel

Sekarang juga banyak dijual panci atau wajan enamel atau lapis keramik yang cantik-cantik ya.

Memang banyak yang mengklaim bahwa panci berlapis keramik ini aman digunakan dan baik untuk kesehatan. Tapi setelah beberapa waktu digunakan, apalagi kalau setiap hari, lapisan keramik akan retak dan mulai rontok. Pada bagian yang retak akan ditemukan unsur lead dan cadmium yang akan masuk ke dalam tubuh kita lewat masakan yang dimasak.

Wajan enamel keramik 100 persen

Panci atau wajan yang terbuat dari keramik 100 persen termasuk panci yang aman digunakan karena tidak ada zat kimia yang keluar dari lapisannya saat panci dipakai untuk memanaskan makanan.

Panci jenis ini biasanya berat dan tebal dan harganya mahal. Panci keramik ini tersedia dalam berbagai jenis, warna, dan merk tersebar di banyak toko online. Pastikan membeli yang benar-benar terbuat dari bahan keramik semua, bukan hanya lapisan saja.

Panci Besi

Masih ingat zaman dulu, orang tua kita menggunakan kuali besi yang berat sekali dan tebal besinya? Ini adalah wadah memasak yang paling bagus. Panci jenis ini tahan lama, anti gores, tebal bahannya dan sangat kuat. Berbagai macam dan ukuran panci besi bisa ditemukan sekarang ini di toko-toko online ternama.

Panci Kaca atau Pyrex

Cobalah alat masak dari kaca/gelas tebal atau biasa disebut pyrex. Saat memanaskan dengan bahan kaca, tidak ada zat toxic yang keluar dari bahan ini. Selain itu bahan dengan kaca tebal ini tidak lengket, dan mudah dibersihkan. Namun tak semua kaca bisa tahan jika dipanaskan. Sebainya kamu cek dulu apakah mangkok kaca yang kamu gunakan sudah dijamin tahan api.

Panci Stainless Steel

Panci dari bahan stainless steel yang aman untuk dipakai memasak juga digemari. Memang harganya lebih mahal dan banyak orang takut pancinya lengket saat digunakan.

Panci Stainless Steel ini sekarang tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk yang bisa disesuaikan dengan jenis masakan kita. Pastikan panci stainless steel yang Anda beli tidak mengandung nikel ataupun bahan chrome.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close