Hobi

Mengenal sosok wanita pertama pembuat mobil di Jepang

.Industri otomotif Jepang tak lepas dari peran para desainer ataupun pembuat mobil yang sudah puluhan tahun mengembangkan kendaraan hingga mendunia saat ini. Diantara para pembuat mobil yang di dominasi kaum laki-laki, salah satu produsen mobil yakni Nissan berani mengangkat desainer mobil wanita.

Yakni Kyoko Shimada yang menjadi wanita pertama pembuat mobil di Jepang yang bergabung dengan produsen Nissan sejak 1967. Kehadiran Shimada menjadi sejarah bagi perkembangan industri otomotif roda empat khususnya di Jepang, karena satu-satunya wanita yang menjadi desainer mobil di negara matahari terbit.

Sebagai desainer wanita, Shimada menurut keterangan resmi Nissan, telah bekerja selama 19 tahun sebelum diberlakukaannya Undang-Undang Kesetaraan Kesempatan Kerja untuk Pria dan Wanita mulai berlaku di Jepang, dan pada masa di mana partisipasi aktif perempuan dalam dunia kerja dan masyarakat bukanlah sesuatu yang lazim.

Pabrik Nissan
Pabrik Nissan Foto: Nissan

“Tidak ada satu pun desainer wanita di industri otomotif Jepang pada waktu itu, tetapi Nissan lebih dulu menyadari perlunya memahami sudut pandang wanita dalam mendesain mobil dibanding perusahaan mobil lainnya, karena Nissan tahu bahwa nantinya setiap rumah tangga akan memiliki mobil,” kenang Shimada.

Kemampuannya sebagai desainer mobil, Shimada memiliki kemampuan membuat desain mobil dengan bekal jenjang pendidikannya kuliah di arsitektur di Japan Women University. Saat bergabung dengan Nissan, Shimada merupakan satu-satunya wanita dari 50 orang desainer yang bekerj adi Nissan.

Baca juga: Penjualan Honda moncer sepanjang Juni, Brio tak goyah pasca pandemi

Tanpa latar belakang otomotif, tetapi hal tersebut menjadi kekuatannya. Karakter ini membawanya menuju kesuksesan selama 38 tahun di Nissan, di mana ia kemudian mendapatkan wawasan dari tempat-tempat unik, serta memberinya sudut pandang yang imajinatif dan segar.

Ilustrasi produksi pabrik Nissan
Ilustrasi produksi pabrik Nissan Foto: Nissan

Bagi Shimada mobil dinilainya sebagai ‘ruang hidup’ di mana pengguna dapat mengekspresikan identitas dan gaya hidup mereka di dalamnya; ini suatu pandangan yang unik di masa itu. Ia percaya bahwa mobil tidak hanya memberikan ‘ruang’ untuk pengemudi tetapi juga untuk penumpang di kursi depan dan belakang. Demikian pula dengan elemen desain lainnya, seperti kontras dan harmonisasi dengan dunia luar.

Setelah berkarir sebagai desainer selama empat dekade, dan memasuki masa pensiunnya kini, tekadnya untuk menjadi diri sendiri adalah kekuatan pendorong di balik kariernya yang luar biasa, yang kemudian berkontribusi besar untuk pengembangan Nissan menjadi perusahaan global.

Nissan GT-R Foto: mufrod/Hops.id

“Bagi saya, keunikan dari ciri khas Nissan adalah keberanian untuk menghadapi tantangan. Karena itu, Nissan mendorong pemikiran yang bebas dan dapat memproduksi mobil-mobil yang berpandangan ke depan supaya dapat menjawab segala kebutuhan di era baru.” Tutupnya.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close