News

Wapres Maruf Amin: Negara berpenduduk mayoritas Islam susah majunya

Wakil presiden (Wapres) Maruf Amin menyebut jika sebagian besar negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam susah untuk maju. Hal ini pula yang terjadi pada Indonesia.

Pernyataan ini bukan sekadar ungkapan belaka, sebab dia turut menjabarkan sejumlah faktor, mengapa bisa demikian.

Baca Juga: Sebelum jadi menteri Jokowi, Prabowo hadiahi Djoko Santoso keris emas

Menurut Wapres Maruf Amin, susahnya maju negara berpenduduk agama Islam karena menerapkan cara pikir konservatif dalam kehidupan sehari-hari. Maka, ekonomi dan pendidikan pun menjadi tertinggal.

“Cara berpikir konservatif menjadi salah satu penyebab mengapa negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim masih tergolong underdevelopment country dan mengalami ketertinggalan dalam ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya,” kata Wapres Maruf Amin saat menyampaikan ceramah yang disiarkan TVRI, disitat Antara, Senin 11 Mei 2020.

Macet Jakarta. Foto: Antara.
Macet Jakarta. Foto: Antara.

Wapres Maruf Amin kemudian menilai cara berpikir tersebut semakin berkembang akhir-akhir ini, khususnya ketika muncul kelompok-kelompok masyarakat yang berpikir bahwa kemurnian Islam harus dibangun dengan cara tekstualis.

“Cara berpikir seperti itu memang sudah mulai berkembang akhir-akhir ini, ketika isu kemurnian Islam harus dibangun dengan kemudian kita mengalami kemunduran berpikir dan mengarah pada cara pikir yang sangat tekstual,” katanya.

Kelompok konservatif tersebut, lanjut Wapres Maruf Amin, biasanya menolak adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, karena dianggap tidak sesuai dengan pemahaman mereka terhadap ajaran agama Islam secara tekstual.

Ilustrasi pesantren. Foto: NU.or.id.
Ilustrasi pesantren. Foto: NU.or.id.

Padahal, kata dia, pemahaman secara tekstual dan konservatif itu tidak sesuai dengan salah satu sabda Nabi Muhammad SAW.

Cara berpikir konservatif tersebut juga menghambat upaya-upaya dalam mewujudkan peradaban Islam.

Untuk membangun kembali peradaban Islam, kata Wapres Maruf Amin, pola pikir wasathi atau moderat harus ditanamkan dan dikembangkan di negara Islam dan negara berpenduduk mayoritas Muslim.

Jamaah Masjid Tiban di Gedongmulyo, Lasem, Rembang. Foto: Santri Bean Wetan via PicasaPicasa
Jamaah Masjid Tiban di Gedongmulyo, Lasem, Rembang. Foto: Santri Bean Wetan via PicasaPicasa

“Cara berpikir konservatif seperti itu menghambat dan kontraproduktif terhadap upaya membangun kembali peradaban Islam. Oleh karena itu, cara berpikir wasathi dapat menjadi pijakan kuat untuk kita membangun kembali peradaban Islam yang kuat,” katanya.

Topik

54 Komentar

  1. Jangan ada kesan bahwa Islam yang dipraktekkan secara benar akan menghambat kemajuan. Yang terjadi justru sebaliknya, yaitu bahwa kemunduran umat Islam justru disebabkan oleh karena mereka enggan menerapkan Islam secara kâffah!

    1. Orang islam itu betul yg gk mau maju mereka dg piciknya hanya bangga dg agama dan Al-Qur’an mereka yg mereka anggap paling sempurna, padahal banyak masyarakat muslim yg miskin dan tertinggal baik ekonomi maupun teknologi karena semua usaha yg diluar ajaran Al-Qur’an dianggapnya haram jadah. Misalnya perlontean.

      1. Ingat negara indonesia bisa merdeka gara” orang islam kalau tidak ada orang islam negara kita gak mungkin merdeka. Kalau gak tau islam jangan sok tahu.

      2. Nah ini salah satu anggota neo PKI yg wajib disingkirkan dari Indonesia.. bukan agamanya, tapi mecah belah..

        Mati aja Lu kaum pemecah belah Indonesia..

  2. Yup, Ma’ruf Amin gaslighting. “Pemahaman secara tekstual dan konservatif itu tidak sesuai dengan salah satu sabda Nabi Muhammad SAW.” Tanpa menjelaskan sabda mana yang menjadi dasar argumen disini, dia langsung mendorong muslim untuk mengadopsi paham ‘Islam moderat’ Alias pilah pilih hukum agama. Hanya yang sesuai dengan agenda yang lolos, yang tidak sesuai dengan agenda langsung dieliminasi, diberi label bigot dsb. Apakabar Ibnu Sina pak? Apakabar Abdussalam? Mereka mendeklarasikan diri mereka sebagai muslim tekstual loh pak. Bagaimana tokoh2 muslim dalam ranah ilmu pengetahuan, budaya, seni, bisnis dan ranah lainnya pak? Apa mereka harus malu karena mereka mengikuti Qur’an dan Hadits? Ckckck kirain PDI pilih Maruf Amin untuk sekedar jadi token politik, ternyata memang buat jadi pion liberalisasi Islam toh. Wallahualam.

  3. Yang saya tau sebelum dan sesudah zaman nabi Muhammad sudah ada itu namanya ilmu dan teknologi dari kesehatan dan waktu.. Apakah itu bukan disebut ilmu.. Coba dipahami malas saya menjabarkan.. Seharusnya kiai lebih tau ketimbang sya masih bodoh ini

  4. Banyak negara islam yg maju pesat karna pemimpin nya menjalan kan Al Qur’an dan Sunah tapi ini pemimpin nya Islam, loh kok mengkerdil kan orang islam,” nauzubillah,, merdeka nya indoneaia ini dari pemimpin muslim semua padahal,, lah kok di anggap tidak bsa maju kl banyak muslim,” karna islam ketika mendapat pemimoin dzolim harus berontak tidak bleh diam dan manut manut saja,

    1. Beri kami contoh negara Islam mana yg maju/kaya dr hasil kerja keras, kreatifitas, inovasi dan teknologi tanpa mengandalkan sumberdaya alam?

      1. makanya jangan jadi buzzer mulu.. klo tolol ketauan.. antek PKI aja belaga sampeyan Tuh..
        klo brani tunjukin muka mu..

        Mereka yang suka goreng beginian buat pecah belah bangsa emang PKI dan wajib dimusnahkan…

        BUZZER REZIM = PKI

    2. Kaum halusinasi seperti kamu kamu ini yang bikin orang jadi mengejek agama.
      Cuma tau kata zolim, berontak, lalai. Kamu belajar juga enggak. Riset enggak. Menggurui pula.
      Kaum halu!

  5. Kenapa saat bahasa konservatif dan mereka yang berpikir pemurnian Islam dengan cara tekstualis, menampilkan foto-foto Pesantren? Wapres sendiri jebolan sendiri. Foto pesantren pertama itu foto KH Muzadi saat ada di PP. Sidogiri.
    Maaf, seakan hal remeh memang. Cuma menyandingkan foto seperti itu saat pembahasan yang jelek, terkesan melecehkan. Terkesan kurang ajar.

    Mohon ganti!

    1. Siapa yg dimaksud dan gambar gak nyambung mas,jelas media ini mengandung pemecahan warga islam
      Mungkin kadrun,gak juga yg jelas pembenci islam

      1. Kadrun atau kadal gurun untuk menandakan ulama atau santri yang mau dihabisi waktu jaman pemberontakan PKI, itu bahasa PKI.. ati2 pake kata2 Mas

  6. Mas, Ma’ruf Amin kalau mau bicara yah, dipikir dulu jangan asal jiplak, kira kira pembicaraan yang kita utarakan benar atau tidak. Buka Mata sampean.

  7. Seandainya para pemimpin berakhlak sebagaimana mestinya orang Islam, ahlak pemimpin yg diajarkan Rasulullah..
    Maka dunia akan bersimpuh dihadapan ummat Islam… krn Allah Rido..
    Tpi klo pemimpin Islamnya Dzolim yg ada di otaknya cuma DUIT.. DUIT .. DUIT dan DUIT lagi, jabatan, jabatan, jabatan dan jabatan lagi,….sampai semua racun dunia itu lengket di hati dan otaknya.. lupa bahwa jabatan itu AMANAH bukan ANUGRAH ….
    ya ga akan Maju Islam, krn Allah ga rido, jangan keberkahan malah yg ada mungkin Laknat Allah buat Mereka…
    Miris ya ada Pemimpin Islam yg ngomong macam gini…

  8. Saya tahu sebagai warga NU kemana,siapa arah yang dituju atau dibicarakan,tapi foto foto yang ditampilkan dan judul berita saya bisa tebak media ini pro siapa.hati hati saja saat baca berita, takutnya kesasar

  9. Bagaimana dengan Qatar Malaysia Turki.. Mereka penduduk mayoritas Muslim.. Apa Mereka kurang maju di banding negara dengan mayoritas agama lain…?

  10. Astagfirullah…
    Pak Amin, sebaiknya bapak belajar lagi tentang Islam, dan seperti bapak perlu juga bersyahadat lagi.
    Semoga diberi hidayah…Aamiin.

    1. Yai sekali nongol bikin bluder saja staetmennya , Negara Tergantung dr pada Pemimpinnya pa yai bukan minoritas atau mayoritas yg ga bikin maju Negara nya , Masya Allah yg awalnya jd panutan ko ini malah menjadi tdk karuan pa. yai ya …..astaqfirullah hal azhim ……

  11. Saya kira orang islam di indonesia sama sekali tidak aliergi dengan iptek,jangan meremehkan bangsa sebdiri yang beragama islam,sekarang sudah banyak anak2 muda yang beragama isalam ahli di bidang iptek. Itu sebagai aset, kembangkan terus justru peran Mendiknas untuk mencetak generasi2 yang bisa merubah pikiran anak2 muda, dididik jadi pengusaha2 atau teknokrat yang islami….
    Islam itu justru peradaban modern, masalah cara pendang saja yang salah,justru dg islam dunia ini menjadi berkembang,quran dan hadis udah jelas, bagaimana mendorong supaya orang takut meninggalkan generasi yang lemah!!!!! Itu saja dalil sudah cukup, gimana bisa terbelakang

  12. Ya ya ya ya sudah tau pak ke arah mana ini tujuannya dan kenapa tulisan ini diekspose, allahul musta’an, pemikiran moderat lah yang menghancurkan islam, jsutru zaman keemasan islam ketika semua taat dan patuh pada sabda nabi sollallahu alaihi wasallam, ke kalahan di perang uhud adalah contoh nyata akibat melanggar sabda nabi sollallahu alaihi wasallam dimana para pasukan memanah tidak menaati perintah rosul agar diam ditempat…sami’na waato’na sesuai pemahaman para sahabat baru umat islam akan kuat

  13. Astaga pak kiyai,, istighfar,,, jgn jual agama krn jabatan yai,,, harusnya dgn jabatan kiyai bs mengangkat agama,,,,
    Turki negara islam tapi maju dan makmur yai
    Tobat yai,,, udh bau tanah

    1. Turki pada zaman sekarang maju karena pemerintahannya sejak jaman Kemal itu sekuler, cuma sekarang pas Pemerintahan Erdogan sok di Islam Islamkan😒.
      Nah, yang bikin negara mundur itu orang dengan pemikiran bodoh seperti kamu. Sok Islamis(Munafik).

  14. Saya tak sependapat dgn pak wapres, nanti salah pemahaman terhadap apa yg diungkap pak wapres, kemajuan dpt dicapai dgn sistem pemerintahan yg jujur elit politik yg amanah dan tokoh agama tak berpolitik serta konsisten membenahi ahlak budaya kehidupan sosial berlandaskan UUD45 dan Pancasila.

  15. Memang kenyataannya begitu.
    Saya sependapat dg pak Ma, ruf Amin.
    Coba sebutkan negara mana yg mayoritas muslim yg sudah maju, nggak ada.ketinggalan semua. Malah banyak yg perang saudara

  16. Ini kan bukan pandangan maaruf pribadi, ini statement dari TIM jokowi untuk pengalihan issu yang dibavakan maaruf. Agar masyarakat jgn serang jokowi terus atas semrawut nya penanganan CORONA. Jadi TIM korbankan Maaruf utk dihina masyarakat juga.

    Sedangkan dunia barat saja tertarik dengan Islam , loh ini Maaruf kok pesomis dengan Islam. Mari kita doakan kakek-kakek spt Maaruf, Mahfud dan Luhut cepaat MATI saja. AMIIIIN

  17. Innalillahi, semoga anda diampuni oleh Allah SWT ya pak, ternyata anda yg seorang kiyai berpandangan sempit ttg ajaran islam, dan kata2 Bpk(kl mmg benar yg ngomong itu Bpk) sepertinya sengaja ingin memecah belah NKRI, krn anda mendiskriminasikan satu agama, yg padahal anda sendiri tdk pny bukti dari ucapan tsb.

  18. Maaf Mbah, tapi jelas pandangan sing ngawur, silahkan mlaku2 nang afrika ro amerika latin.

    Nek ra kuat adoh mergo sampean wis tuwo, mlaku2o nang burma, myanmar, papua nugini, srilangka, dan philipina.

  19. Salah satu sebab kenapa tidak bisa maju yaitu tidak bisa menerima masukan ataupun kritik.
    Kalau ada kritikan langsung marah.

  20. Maaf Pak Wapres baru tahu susahnya memimpin orang yg berfikir konservatif, inilah masalah bangsa indonesia yg paling berat Pak

  21. Sebaiknya Pak Makruf bisa pindah ke negara yang non Islam kalau mau maju, (kenapa masih mau tinggal di Indonesia ya). .Tapi sayang kalau pindah gak ada yang cium tangan nanti gimana tu, ayo?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close