Hobi

WhatsApp kini bisa dipakai di 4 perangkat: HP tak perlu nyambung ke internet

WhatsApp menggulirkan fitur baru ke pengguna, yang dinamakan Multi-Device. Dengan fitur baru ini, pengguna bisa mengakses aplikasi WhatsApp di 4 perangkat sekaligus.

Menariknya, bagi pengguna yang ingin mengakses WhatsApp melalui perangkat non-ponsel seperti komputer atau laptop, kini tak perlu menyambungkan handphone mereka lagi.

Seperti diketahui, saat ini jika pengguna ingin mengakses WhatsApp di laptop atau komputer, maka harus menghubungkannya dengan smartphone mereka. Jadi, jika smartphone mati, atau tidak ada internet, maka pengguna tidak akan bisa mengakses WhatsApp di perangkat tersebut.

Jika ponsel pengguna tidak terhubung dengan PC atau laptop, maka akan muncul pesan peringatan yang mengatakan, ‘Ponsel tidak terhubung. Pastikan ponsel Anda memiliki koneksi internet aktif.’

Namun, kini dengan perubahan baru yang dibawa oleh perusahaan yang berinduk ke Facebook itu, tidak masalah jika ponsel mati atau terputus koneksi internetnya, pengguna tetap masih dapat mengirim obrolan di WhatsApp untuk PC atau laptop.

WhatsApp Multi-Device. Foto: XDA Developers
WhatsApp Multi-Device. Foto: XDA Developers

Dan pengguna dapat melakukan ini hingga empat perangkat pendamping ‘non-ponsel’ secara bersamaan, selain smartphone pengguna, jika aktif dan terhubung.

Bukan cuma mengakses dan mengobrol via chat, pengguna WhatsApp juga akan dapat menikmati obrolan video dan audio di WhatsApp untuk PC tanpa ponsel mereka pada fitur baru Multi-Device tersebut.

Namun demikian, fitur baru tersebut kini baru diluncurkan versi beta, dan baru diuji coba ke beberapa pengguna di dunia.

“Kami sangat antusias untuk meluncurkan versi beta dari fitur baru Multi-Device kami untuk WhatsApp,” kata Will Cathcart, kepala WhatsApp disitat laman Daily Mail, Senin 19 Juli 2021.

“Sekarang Anda dapat menggunakan pengalaman desktop atau web kami bahkan ketika ponsel Anda tidak aktif dan tidak terhubung ke internet,” lanjut Will.

Keamanan

Aplikasi WhatsApp. Foto: PhoneArena

Lebih lanjut, WhatsApp juga menyinggung soal segi keamanan dengan digulirkannya fitur baru Multi-Device mereka. Perusahaan menjelaskan, dengan adanya fungsi Multi-Device, maka setiap perangkat yang terhubung ke akun WhatsApp – termasuk PC dan tablet – kini memiliki kunci identitasnya sendiri, sehingga mereka tidak lagi mengandalkan ponsel untuk end-to-end encryption.

“Kami telah mengembangkan teknologi baru untuk mempertahankan end-to-end encryption sambil tetap mengelola sinkronisasi data Anda, seperti nama kontak, arsip obrolan, pesan berbintang, dan banyak lagi, di seluruh perangkat,” tulis WhatsApp dalam sebuah postingan.

“Untuk mencapai ini, kami harus memikirkan kembali arsitektur WhatsApp dan merancang sistem baru untuk memungkinkan pengalaman Multi-Device mandiri sambil menjaga privasi dan end-to-end encryption,” katanya lagi.

End-to-end encryption sendiri kerap disebut-sebut oleh WhatsApp sebagai standar keamanan terkemuka untuk perpesanan online yang tidak akan pernah bisa dihilangkan.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close