Unik

Widih! Gedung DPR dihujani koin, ini rekaman dan penjelasannya

Beredar sebuah rekaman video singkat yang memperlihatkan momen langka, di mana Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Jakarta Pusat dihujani oleh ratusan uang koin.

Video berdurasi satu menit lebih ini diunggah oleh akun media sosial Instagram milik konfederasi buruh Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), @konfederasikasbi_.

Baca juga: Sejarah mencatat! Cuma dua Presiden RI ini yang berani bubarkan DPR

Dalam video, tampak sejumlah buruh sedang berorasi menyampaikan pendapat di depan pintu gerbang Gedung DPR.

Kemudian, orator mengajak massa untuk melakukan sebuah aksi pelemparan koin ke dalam area Gedung DPR.

“Jadi hari ini kita akan melakukan aksi dengan melempar koin ke gedung perwakilan rakyat Indonesia,” ujar orator aksi, di depan Gedung DPR, pada Selasa, 17 November 2020.

Widih! Gedung DPR dihujani koin, ini rekaman dan penjelasannya. Foto: Instagram
Widih! Gedung DPR dihujani koin, ini rekaman dan penjelasannya. Foto: Instagram

Hal itu dilakukan lantaran saat ini pemerintah khususnya para anggota DPR dinilai hanya mementingkan investasi dan mengesampingkan kesejahteraan ratusan juta rakyat Indonesia.

“Karena hari ini cuma investasi melulu yang digadang-gadang oleh DPR. Mengabaikan sama sekali kesejahteraan dan demokrasi rakyat. Mereka mementingkan investasi, mementingkan segelintir pengusaha-pengusaha kaya untuk bisa melanggengkan keuntungannya,” katanya.

Lebih lanjut menurut pihaknya, koin merupakan perumpamaan atau sebuah simbol dari kegiatan investasi yang kerap digembor-gemborkan oleh para perwakilan rakyat.

“Jadi yang dilempar ke depan gedung DPR sana hanya koin bukan benda lain. Karena koin adalah simbol investasi. Jadi DPR hari ini tidak merepresentasikan kepentingkan rakyat, tapi merepresentasikan investasi, jadi koin adalah simbol investasi,” tandasnya.

Tampak dalam video, sejumlah massa aksi yang kompak menggunakan baju berwarna merah sedang berdiri di depan pagar Gedung DPR, Jakarta Pusat.

Alhasil Gedung DPR tampak dihujani dengan koin dan sesekali terdengar koin yang dilempar terkena pagar besi.

Baca juga: Sepak terjang Puan Maharani, kok bisa jadi Ketua DPR?

Sebelum menghujani Gedung DPR dengan koin, mereka mengucapkan yel-yel sebanyak dua kali. Setelahnya, baru secara bersamaan mereka melempar koin sebagai bentuk sindiran kepada lembaga Dewan Perwakilan Rakyat.

Diketahui, pada hari ini, Selasa, 17 November 2020, para buruh mengadakan seruan aksi bertajuk Gerakan Buruh Bersama Rakyat (GEBRAK). Dalam aksi ini tuntutan mereka di antaranya, cabut Omnibus Law Cipta Kerja, kenaikan upah, tindakan represif aparat, hingga pendidikan gratis selama pandemi COVID19.

Widih! Gedung DPR dihujani koin, ini rekaman dan penjelasannya. Foto: Instagram
Widih! Gedung DPR dihujani koin, ini rekaman dan penjelasannya. Foto: Instagram

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close