Hobi

Wikipedia sudah tak bisa lagi dipercaya, pendirinya sendiri lho yang bilang

Co-founder Wikipedia, Larry Sanger mengatakan bahwa Wikipedia kini tidak lagi bisa dipercaya. Pasalnya, banyak pihak yang memiliki kepentingan tertentu memanfaatkan situs tersebut.

“Bisakah kamu mempercayainya untuk selalu memberimu kebenaran? Yah, itu tergantung pada apa yang Anda pikirkan tentang kebenarannya,” kata Sanger, dikutip laman Independent, Kamis 22 Juli 2021.

Sanger mengatakan kepada Lockdown TV beberapa waktu lalu, “Jika hanya satu versi fakta yang diizinkan maka itu akan memberikan insentif besar bagi orang-orang kaya dan berkuasa untuk menguasai hal-hal seperti Wikipedia untuk menopang kekuatan mereka. Dan mereka melakukan itu.”

“(Wikipedia) Tampaknya mengasumsikan bahwa hanya ada satu versi kebenaran yang dapat dipertahankan secara sah pada setiap pertanyaan kontroversial. Wikipedia dulu tidak seperti itu,” sambung Sanger.

Wikipedia. Foto: The Guardian
Wikipedia. Foto: The Guardian

Dalam wawancara itu, Sanger kemudian mengutip contoh artikel tentang Presiden AS Joe Biden dan mengatakan itu tidak memasukkan informasi dari perspektif Partai Republik–partai lawan Biden.

“Artikel Biden, jika Anda melihatnya, sangat sedikit kekhawatiran yang dimiliki Partai Republik tentang dia. Jadi, jika Anda ingin memiliki sesuatu yang mirip dengan sudut pandang Partai Republik tentang Biden, Anda tidak akan mendapatkannya dari artikel tersebut,” katanya.

Kemudian, Sanger juga menyinggung soal permasalahan Ukraina. Menurut Sanger, seharusnya ada setidaknya satu paragraf tentang skandal Ukraina. Tapi, sayangnya, sangat sedikit bahasan yang membahas itu di Wikipedia.

“Sangat sedikit yang dapat ditemukan di Wikipedia. Apa yang sedikit dapat ditemukan sangat bias dan berbunyi seperti pembelaan singkat, sungguh,” katanya.

Lebih lanjut, Sanger juga mengungkapkan bahwa ada perusahaan yang mempekerjakan penulis dan editor berbayar untuk masuk dan mengubah artikel di situs yang didirikannya tersebut.

Co-founder Wikipedia, Larry Sanger. Foto: Technical.ly
Co-founder Wikipedia, Larry Sanger. Foto: Technical.ly

“Mungkin ada beberapa cara untuk membuat sistem seperti itu bekerja, tetapi tidak jika para pemain yang terlibat dan yang dibayar, tidak diidentifikasi namanya — mereka sebenarnya seharusnya diidentifikasi dengan nama dan mengatakan ‘kami mewakili perusahaan ini’ jika mereka secara resmi terdaftar di semacam perusahaan penyunting Wikipedia,” ungkap Larry Sanger.

“Tapi mereka tidak harus melakukan itu karena tidak ada persyaratan nama asli. Seperti yang saya katakan ini adalah jenis permainan yang sangat kompleks. Ada berbagai macam trik yang bisa dimainkan orang untuk memenangkannya,” imbuhnya.

Lebih jauh, Larry Sanger juga memperingatkan bahwa Wikipedia saat ini menjadi situs yang dikenal sangat banyak orang di seluruh dunia, dan memiliki pengaruh yang besar. Jadi, katanya, ada sebuah permainan besar yang dimainkan untuk membuat artikel sesuai dengan apa yang ingin pihak tertentu sampaikan, dan mempengaruhinya ke orang banyak.

“Jadi ada permainan yang sangat besar, jahat, kompleks yang dimainkan di belakang layar untuk membuat artikel, untuk membuat seseorang mengatakan apa yang ingin mereka katakan,” tegas Sanger.

Larry Sanger mendirikan Wikipedia pada tahun 2001 silam bersama Jimmy Wales. Kini, situs tersebut setiap harinya dikunjungi oleh jutaan orang di seluruh dunia. Situs tersebut menjadi tempat andalan banyak orang di seluruh dunia saat ingin mencari berbagai informasi.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close