Siaran Pers

Wisuda drive thru Universitas Sahid Jakarta, kreatif di Era New Normal

Universitas Sahid Jakarta menggelar Wisuda Pascasarjana, Sarjana, dan Diploma III di tengah Pandemi Covid-19. Wisuda ke 44 kali ini yang mengangkat tema Membangun Generasi Tangguh & Kreatif di Era New Normal, punya keunikan tersendiri karena dilaksanakan secara drive thru dan virtual.

Universitas Sahid merupakan kampus pertama yang menyelenggarakan sekaligus wisuda drive thru dan wisuda virtual. Wisuda dengan model seperti ini menjadi sejarah baru bagi Universitas Sahid. Wisuda drive thru dilaksanakan pada Sabtu, 5 Desember 2020 diikuti oleh 209 wisudawan dan wisuda virtual dilaksanakan pada Sabtu, 12 Desember 2020 diikuti oleh 74 wisudawan.

Lokasi wisuda dilaksanakan di halaman kampus Universitas Sahid yang berlokasi di Jl. Prof. Dr. Supomo, SH No. 84 Tebet Jakarta Selatan. Meeting point wisudawan berada di Crown Palace yang berada 50 meter dari Universitas Sahid. Wisudawan menjalani prosesi dengan naik kendaraan baik itu mobil atau motor.

Pelaksanaan wisuda drive thru menggunakan protokol kesehatan yang cukup ketat. Seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan wisuda, seperti senat, panitia, dan wisudawan harus mengikuti protocol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta diukur suhu tubuh nya. Karena tingkat penyebaran virus corona masih tinggi, para wisudawan yang suhu tubuhnya melebihi 37℃ tidak diperkenankan mengikuti wisuda dan di arahkan untuk mengikuti wisuda secara virtual.

Wisuda drive thru Usahid Jakarta
Wisuda drive thru Usahid Jakarta

Dalam proses wisuda drive thru, hanya wisudawan dan kedua orang tua atau pasangan yang turun dari kendaraan. Wisudawan melakukan proses pemindahan tali topi toga oleh Rektor dan menerima map ijazah dari Direktur Pascasarjana atau Dekan Fakultas disaksikan kedua orang tua/pasangan. Setelah itu, wisudawan dan orang tua/pasangan berfoto di photo booth yang disediakan lalu kembali ke kendaraan masing- masing dan langsung pulang.

Hadir secara virtual dalam wisuda ini, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI – Prof. Dr Agus Setyo Budi, MSc ; Ketua Pembina Yayasan Sahid Jaya – Dra. SB. Wiryanti Sukamdani, CHA. ; Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya – Prof. Dr. H. Nugroho B. Sukamdani, MBA, BET.; dan Direktur Eksekutif Yayasan Sahid Jaya – Prof. Dr. Ir. Kohar Sulistyadi, MSIE.

Rektor Universitas Sahid Jakarta – Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom dalam Laporannya di Sidang Terbuka Senat, menyampaikan bahwa pada acara wisuda drive thru kali ini diikuti oleh 283 wisudawan dan wisudawati terdiri atas Program Doktor 6 orang, Program Magister 51 orang, Program Sarjana 226 Orang. Upacara Wisuda ini merupakan puncak dari proses pembelajaran mahasiswa selama mengikuti perkuliahan dan Pendidikan di Usahid, serta sekaligus laporan pimpinan universitas dalam melaksanakan kegiatan – kegiatan akademik dan non akademik yang telah dilakukan, khususnya dalam kurun waktu tahun akademik 2019/2020.

Sebagai bentuk tanggung jawab terhadap keberlanjutan proses belajar mengajar di era pandemi covid-19, sejak bulan Maret 2020 semua kegiatan akademik di Universitas Sahid dilakukan secara online / distance learning melalui adaptasi face- to face live session dengan dukungan teknologi digital. Hal ini menjadi bukti terhadap prioritas menjaga keselamatan civitas akademika Universitas Sahid.

Meskipun demikian semangat dan kualitas akademik tetap terjaga, karena seluruh proses akademik melalui standarisasi dan quality assurance yang telah ditetapkan. Justru disaat seperti inilah creativitas dan inovasi para dosen muncul, kegiatan akademik tidak hanya dilakukan melalui adaptasi face-to face dengan system online tetapi juga dilakukan diskusi ilmiah secara virtual melalui webinar dengan menghadirkan para tokoh, baik tokoh akademisi, praktisi, maupun pengambil kebijakan sehingga mahasiswa memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang lebih luas dan memahami dunia riel yang akan dihadapi.

Oleh karena itu para lulusan yang hari ini diwisuda tetap memiliki kualitas sebagaimana diamanatkan oleh Permendikbud No 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Sehingga sampai saat ini Usahid tetap menjadi PTS yang sehat dalam tata kelola dan memiliki legalitas yang baik, serta semakin mendapatkan kepercayaan masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan meningkatkatnya penerimaan mahasiswa tahun akademik 2019/2020.

Untuk mendukung kebijakan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar telah dilakukan curriculum development dan telah dirancang “system merdeka belajar secara terprogram “ yang merupakan implementasi dari kebijakan pemerintah. Sistem ini akan memungkinkan mahasiswa memiliki pengalaman diluar kampus yang sangat diperlukan ketika lulus dan terjun ke dunia industry atau masyarakat.

Pada kesempatan ini disampaikan pula beberapa prestasi yang telah dicapai USAHID setahun belakangan ini, diantaranya adalah telah diterbitkan 21 paper pada jurnal internasional bereputasi dan terindeks, 17 jurnal nasional terindek, dan 11 proceeding pada temu ilmiah nasional dan internasional, serta 7 HAKI, serta 5 judul buku yang telah diterbitkan ber ISBN.

Selain itu juga telah dihasilkan beberapa inovasi hasil riset dosen skema PDUPT berupa model kebijakan yang dimanfaatkan oleh Pemda seperti : Model Pengembangan Wisata kuliner di Prop. Bangka Belitung, Model Pariwisata Terintegrasi Pada Pengembangan Kawasan Wisata Kedung Ombo di Kab. Grobogan; Model Pengembangan Industri Rumahan Berbasis Sumber Daya Unggulan Lokal di Lombok Utara; Model Pengembangan Wisata Terintegrasi dan Berkelanjutan di Kawasan Wisata Tanjung Kelayang, model pengembangan brand destinasi wisata budaya perkampungan budaya setu babakan.

Wisuda drive thru Usahid Jakarta
Wisuda drive thru Usahid Jakarta

Sementara untuk skema PTUPT seperti : Pembuatan minuman temu lawak kaya antioksidan melalui peningkatan kadar kurkuminoid dan uji aktivitas antioksidan sebagai radical scavenger, dan pemanfaatan rumput laut coklat sebagai bahan bioplastic anti bakteri untuk pengemas produk pangan.

Pada acara Wisuda USAHID Jakarta ke 44 ini diberikan Penghargaan kepada wisudawan terbaik yaitu ; Ade Putri Lestari,S.H. (Fakultas Hukum) IPK 3.86; Kharimatul Fachriah, S.T.P (Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan/ Teknologi Pangan) IPK 3.92.; Sulastri Kartini Asih,S.I.K (S1 FIKOM/ Humas) IPK 3,93; Jovi Andra, Amd (D3 FIKOM/ Humas) IPK 3.04; Azwardi Imani,S.T. (Fakultas Teknik/ Teknik Lingkungan) IPK 3,82; Anggi Betesda,S.M (Fakultas Ekonomi & Bisnis/Manajemen) IPK 3.91; serta; Masluhin,ST., MM (S2 PascaSarjana/Magister Manajemen) IPK 3.83 dan Dr. Agus Triyono, S.Sos, M.Si (S3 PascaSarjana/Doktor Ilmu Komunikasi) IPK 3.72.

Untuk meningkatkan reputasi akademik Universitas Sahid telah melakukan kerjasama dengan beberapa Lembaga Pendidikan, instansi pemerintah dan instansi business. Diantaranya telah ditandangani kerjasama dengan Kemristekdikti BRIN, Kedutaan Besar Oman, University Utara Malaysia, Universitas Brawijaya Malang, Hongkong Kingland, PERADI, Sevima – Edlink, KAI (Kongres Advokat Indonesia, Hipmikindo dsb. Saat ini juga sedang dalam proses pengembangan International Master program for HSE yang diakreditasi oleh IOS dan OSHA Academy USA.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close