Trending

Wow, Sri Mulyani mau selamatkan ekonomi Indonesia dengan cara ini

Pemerintah terus putar otak untuk menyelamatkan ekonomi Indonesia yang kian memburuk sebagai dampak pandemi Covid-19. Terbaru Menteri Keuangan Sri Mulyani meracik jurus baru.

Jurus baru yang dimaksud adalah olah investasi. Seperti diketahui, ekonomi Indonesia terus menurun performanya secara signifikan dalam tiga bulan terakhir.

Muslima Fest

Baca Juga: Batalkan haji sepihak, DPR kesal Menteri Agama tabrak undang-undang

Atas hal ini, Sri Mulyani mewakili pemerintah lalu menetapkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 53/PMK.05/2020 tentang tata cara investasi pemerintah yang berlaku mulai 19 Mei 2020.

Menteri Keuangan Sri Mulyani
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan pemaparan melalui video confenrence di Pendopo Wali Kota Banda Aceh, Aceh, Jumat (17/4/2020). Foto: Antara

Disitat Suara, Rabu 3 Juni 2020, peraturan itu dikeluarkan sebagai landasan untuk tata kelola investasi yang dilakukan oleh pemerintah dan lembaga lainnya.

Peraturan yang dirilis Sri Mulyani tersebut juga dimaksud untuk membentuk ekosistem investasi yang diharap bisa mendorong pertumbuhan ekonomi negara.

Hal ini diperlukan untuk tata kelola pengaturan investasi pemerintah dan lembaga sehingga terbentuk ekosistem investasi yang dapat mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi.

Dalam aturan tersebut, Menteri Keuangan selaku Bendahara Umum Negara (BUN) disebut memiliki kewenangan mengelola dan menatausahakan pemerintah yang meliputi kewenangan regulasi, supervisi, dan operasional.

“Dana yang digunakan dalam investasi pemerintah bersumber dari APBN (endowment fund, dana investasi pemerintah), imbal hasil, pendapatan dari layanan atau usaha, hibah, dan atau sumber lain yang sah,” katanya seperti dikutip dari laman Kemenkeu, Rabu 3 Juni 2020.

Menkeu Sri Mulyani
Menteri Keuangan Sri Mulyani membacakan pandangan pemerintah pada Rapat Paripurna masa persidangan III 2019-2020 di Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (12/5/2020). Foto: Antara

Adapun jenis investasi pemerintah Indonesia adalah investasi yang bertujuan tidak mencari laba tapi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat (public investment), investasi langsung (Direct Investment).

Di mana investor dapat langsung berinvestasi dengan membeli secara langsung suatu aktiva keuangan dari suatu perusahaan. Selain itu, investor dapat membeli portofolio investment, antara lain arus modal internasional yang berbentuk aset-aset finansial yaitu saham, obligasi, surat berharga lainnya.

Dalam pelaksanaannya nanti, ada beberapa kondisi tertentu yang membuat pemerintah dapat menarik dana investasinya sendiri yang dikelola oleh Operator Investasi Pemerintah (OIP).

Kondisi tersebut seperti kebutuhan pemerintah yang ingin menyesuaikan kembali alokasi portofolio sesuai tujuan investasi atau kebutuhan yang lain. (Abdulah Saputra)

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close