Hobi

Xiaomi siapkan fitur yang bikin RAM jadi lebih lega, multitasking lancar jaya!

Xiaomi dikabarkan tengah menyiapkan fitur yang bisa bikin RAM jadi lebih lega, sehingga memperlancar multitasking. Seperti apa selengkapnya? Simak artikel berikut!

Kebutuhan orang akan smartphone yang kian cepat, canggih dan dilengkapi berbagai fitur membuat ponsel terus mendapat pembaruan dari berbagai sisi, termasuk update RAM yang kian besar.

Beberapa smartphone saat ini banyak yang membawa besar mulai dari RAM 4 GB, 6 GB hingga 8 GB. Namun demikian, itu mungkin masih dirasa kurang oleh beberapa pengguna, dan bikin menderita saat melakukan multitasking.

Tetapi, kabar tersebut nampaknya akan segera teratasi karena Xiaomi dilaporkan sedang mengerjakan solusinya. Hal itu dibocorkan oleh pembocor Xiaomi, Kacper Skrzypek.

Melansir Android Authority, Selasa 4 Mei 2021, Kacper menemukan referensi yang disebut Memory Extension di tampilan antarmuka MIUI Xiaomi. Kemudian, ia juga mengungkap tangkapan layar dari fitur tersebut.

Referensi dan tangkapan layar menunjukkan bahwa MIUI dapat mengalokasikan sejumlah penyimpanan untuk digunakan sebagai jenis RAM virtual.

Fitur Memory Extension Xiaomi, bikin RAM tambah lega. Foto: Android Authority
Fitur Memory Extension Xiaomi, bikin RAM tambah lega. Foto: Android Authority

Ini bukanlah yang pertama kalinya ruang penyimpanan menjadi RAM virtual. Sebelumnya, vivo juga menawarkan fitur ‘RAM yang diperpanjang’ pada seri X60 awal tahun ini.

Di vivo X60 Pro Plus misalnya, di mana perangkat tersebut mengalokasikan penyimpanan 3 GB untuk digunakan sebagai RAM virtual. Dengan itu, maka total RAM perangkat tersebut menjadi 15 GB.

Dengan fitur tersebut, vivo mencatat, pengguna merasakan pengalaman sistem yang lebih lancar, misalnya seperti multitasking di banyak aplikasi.

Selain vivo, fitur serupa juga pernah terlihat di Windows yang disebut dengan nama ReadyBoost. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memasangkan flash drive ke komputer sebagai RAM tambahan. Dengan ini, maka bukan sekadar memiliki lebih banyak RAM saja, tetapi juga merupakan peningkatan dari penggunaan hard drive.

Hingga saat ini, belum ada kabar kapan pastinya fitur Memory Extension di MIUI Xiaomi akan hadir ke pengguna, atau perangkat mana saja yang akan menerimanya.

Banyak pihak berharap Xiaomi tidak membawa fitur ini hanya pada perangkat kelas atas saja, tapi juga bisa menyentuh ke perangkat budget, sehingga lebih banyak pengguna yang merasakan manfaat tersebut.

Misalnya, ponsel seperti Redmi 8A yang memiliki model dasar dengan RAM 2 GB dan memori penyimpanan internal 32 GB, pasti akan melihat peningkatan multitasking dengan RAM virtual, jika turut dihadirkan ke perangkat tersebut.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close