Hobi

Yamaha akan suntik mati model motor sport full fairing akhir 2020

Ditengah rencana peluncuran produk skuter matik terbaru di tanah air, produsen Yamaha mengungkap rencana menyuntik mati motor sportnya.

Model yang akan tutup usia tersebut yakni motor legenda yang justru banyak diakui pemiliknya memiliki kemudahan dalam pengendalian. Perjalanan panjang model ini juga menjadi cerita kesuksesan Yamaha dalam mengembangkan tunggangan sport full fairing.

Muslima Fest

Baca juga: Skutik baru meluncur lagi, inikah sosok Yamaha Nmax bermesin canggih

Yamaha R6 kini akan menjadi kenangan bagi para pecintanya di seluruh dunia, karena tidak akan ada lagi model terbaru untuk motor sport satu ini. Yamaha akan menutup produksi bagi R6 yang telah dipasarkannya sejak 1999.

Dari rencana tersebut, Yamaha tidak mengungkap alasan utama melakukan suntik mati pada model R6 yang pamornya akan berakhir tahun ini.

Yamaha R6
Yamaha siap suntik mati YZF R6 Foto: Team RandS

Yamaha R6 di mata konsumen

Yamaha R6 merupakan sosok tunggangan yang dikembangkan untuk bersaing dengan beberapa model motor sport full fairing lain, seperti Kawasaki Ninja dan Suzuki Gixxer yang mengusung mesin kapasitas sama yakni 566 cc.

Baca juga: Yamaha bikin motor hybrid tapi pinjam teknologi Toyota, kok bisa?

Dari beberapa penilaian pengujian langsung, Yamaha R6 bahkan diklaim memiliki keunggulan yang jauh lebih baik dibanding para pesaingnya yang memiliki basis mesin sama.  Yamaha dalam peluncurannya mengklaim pengembangan R6 dilakukan untuk dua habitat.

Diantaranya hasil pengembangkan berfokus pada performa sepeda motor mampu melibas jalan raya dan cukup mumpuni pula di aspal sirkuit. Saat berada di jalan raya, beberapa testimony pengujian seperti dilansir Rideapart, Yamaha R6 sangat mudah dikendarai dan terbilang jinak dibanding motor sport berkubikasi mesin besar.

Yamaha YZF R6
Yamaha YZF R6 Foto: Yamaha EU

Namun saat berada di lintasan pun, tenaga gahar dari mesin dengan pengendalian yang dimiliki sangat ideal bagi R6 dalam melahap trek lintasan balap. Dua kelebihan inilah yang membuat beberapa pecintanya heran atas keputusan Yamaha akan menyuntik mati sepeda motor.

Sebagai motor sport, R6 telah menjadi tunggangan ideal bagi para bikers,  bahkan jika dibanding dengan model Yamaha R1 yang memiliki tenaga lebih buas namun sangat sulit untuk dikendalikan. Pengendara R6 tak perlu banyak melakukan adaptasi dibanding berada di atas tunggangan.

Pengganti Yamaha R6

Dalam informasi resmi yang diungkapkan, produsen Yamaha hingga kini masih belum mengetahui rencana terkait keputusan mengembangkan produk baru atau benar-benar mengakhiri masa depan produk R6 tersebut.

Yamaha R6
Yamaha R6 akan suntik mati Foto: Visordown

“Yamaha memahami sejarah ikonik model ini. Mengenai masa depan, Yamaha terus mencari ide dan konsep baru untuk mendukung dan memperluas pasar, serta meningkatkan pengalaman pelanggan kami.” ungkap Yamaha dalam keterangan resminya.

Beberapa spekulasi bahkan muncul, dimana penghentian produksi R6 dilakukan produsen terkait standar emisi masa depan yang tidak dimiliki R6. Spekulasi mengungkap jika, Yamaha akan memperbesar pasat MT7 di pasar global dengan mengurangi segmentasi pasar motor sport.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close