Otomotif

Yamaha bikin sepeda listrik, torsi gede, bikin Nmax minggir

Trend penggunaan sepeda gowes konvensional turut membuat produsen sepeda motor melakukan inovasi dengan menghadirkan sepeda gowes yang dilengkapi dengan penggerak motor listrik. Seperti produsen Yamaha yang meluncurkan sepeda gowes yang memiliki torsi lebih besar dari Yamaha Nmax.

Sepeda listrik dengan nama Cross Core yang dikembangkan produsen berlogo garputala ini, diklaim motor listriknya mampu menghasilkan torsi mencapai 70 newton meter (Nm). Sedangkan Yamaha Nmax yang menggunakan mesin konvensional, hanya memiliki torsi mencapai 14,4 Nm.

Yamaha Cross Core memang tidak seperti sepeda motor bermesin ataupun motor listrik yang memiliki tenaga dengan satuan tenaga kuda. Tenaga pada motor listrik yang digunakan merupakan tenaga dari momen puntir yang dihasilkan.

Yamaha kembangkan sepeda dilengkapi motor listrik
Sepeda gowes Yamaha miliki torsi lebih besar dari Nmax Foto: Motorcycle

Sehingga motor listrik yang digunakan tidak memiliki tenaga diatas torsi seperti Hp. Kebutuhan sebagai penggerak di putaran rendah menjadi kebutuhan yang ideal karena Cross Core merupakan sepeda konvensional yang dilengkapi motor listrik untuk membantu tenaga konvensional (gowes).

Baca juga: Motor mirip Nmax dibanderol Rp62 juta, konsumen Indonesia beruntung

Pengembangan sepeda dengan motor listrik sebagai tambahan penggeraknya, menjadi pelengkap bagi para pesepeda yang membutuhkaan tenaga ataupun membutuhkan tenaga lain selain sistem perputaran roda secara konvensional (gowes).

Dengan motor listrik tersebut, seperti dilansir motorcycle.com  pemilik sepeda bisa memanfaatkan tenaga motor listrik dengan tenaga 70 Nm pada putaran 110 rpm. Mengandalkan kekuatan motor listrik yang tersemat, kecepatan sepeda pun cukup kencang dimana Yamaha mengklaim sepeda dengan bobot ringan mampu melesat hingga kecepatan 32 kilometer per jam.

Yamaha kembangkan sepeda dilengkapi motor listrik
Yamaha kembangkan sepeda Foto: Motorcycle

Mendukung tenaga pada motor listrik, terdapat baterai Li-ion berkapasitas 36V 500 Wh yang bisa di isi melalui listrik perumahan. Dalam kondisi kosong, baterai membutuhkan waktu pengisian hingga penuh dalam waktu empat jam.

Sayangnya tidak ada informasi terkait jarak maksimum baterai yang digunakan. Mengingat sepeda ini masih mengusung dan diperuntukkan bukan sebagai sepeda motor.

Sadar Yamaha bukan satu-satunya produsen otomotif yang mengembangkan sepeda, karenanya sematan teknologi modern turut diaplikasikan pada sepeda Cross Core. Menggunakan tenaga penggerak motor listriknya, pengendara sepeda juga ditawarkan dengan teknologi canggih.

Yamaha kembangkan sepeda
Yamaha kembangkan sepeda dengan motor listrik Foto: Motorcycle

Pada sepeda ini, pengendara bisa menikmati sensasi mengemudi sepeda menggunakan tenaga motor listrik dengan  berbagai mode yakni street riding dan hybrid riding. Seluruh mode di atas sepeda motor itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Khususnya ketika sepeda melewati jalan perbukitan yang menanjak.

Sebagai informasi terdapat layar LCD yang menyajikan informasi yang bisa dimanfaatkan pemilik sepeda mulai dari tenaga baterai yang tersimpan dan berbagai informasi lain yang mendukung aktifitas bersepeda di berbagai kondisi.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close