Hobi

Yamaha kena jiplak, muncul motor bebek mirip MX King

Hops.id – Bagi Anda pemilik Yamaha MX King, jangan kaget jika melihat sosok motor yang satu ini. Sebab motor bernama Rusi Flash 150 ini punya tampang identik dengan bebek Yamaha itu.

Ya, ternyata ini memanglah motor kloningan dari MX King yang dipasarkan di Filipina. Seperti dikutip Motosaigon, Rabu 15 Januari 2020, Rusi Flash 150 adalah nama resmi dari model motor yang oleh komunitas biker Vietnam dikenal sebagai Winciter.

Menarik lainnya: Trik engine brake pada mobil matik

Kenapa dipanggil Winciter, lantaran wujudnya seakan merupakan gabungan dari bebek Winner dan Exciter. Di Filipina, Rusi Flash 150 dijual dengan harga Rp18 jutaan.

Foto: Motosaigon.vn

Harga ini jauh lebih murah dari banderol Yamaha MX King, yang di Indonesia dijual dengan harga termurah Rp23,8 jutaan.

Kemiripan dapat mudah terlihat mulai dari desain batok lampu, tebeng depan, sampai keseluruhan bodi. Sedangkan pada kaki-kaki, ditawarkan dengan pelek racing kelir hitam-perak yang dikawinkan dengan perangkat rem sudah ABS.

Laporan menyebut, Rusi Flash 150 dilengkapi dengan mesin silinder tunggal berkapasitas 150cc, injeksi, dan sudah berstandar Euro4. Kata media otomotif Vietnam dan Filipina, mesin yang digunakan identik dengan Zongshen buatan China.

Agar tak nampak mirip, produsen asal Filipina kemudian membenamkan piringan cakram besar di depan, dan knalpot yang berwujud berbeda. Pelek juga turut diganti modelnya.

Satu hal yang menarik, baik stop lamp dan lampu sein sudah mengadopsi model LED-DRL. Tak terbayang sebenarnya jika motor ini ikut dipasarkan di Indonesia, tentu banyak orang yang membully-nya.

Foto: Motosaigon.vn

Apalagi konsumen Indonesia sudah ‘Japan Minded’ terhadap segala hal soal kendaraan, baik roda empat maupun roda dua. Satu hal lain, berkaitan dengan durabilitas.

Sebab motor ini mengusung merek baru yang belum diketahui kekuatan dan kebandelan mesin, termasuk part-part lain. Sebab kesan aneh saja sudah terlihat pada pelek yang dipakai,pipih dan menebal di bagian dalam.

Tentu pelek ini sangat tak lazim pada sebuah sepeda motor. Waduh, kena jiplak lagi Yamaha. (Wren Jonah)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close