Hobi

Yamaha R125 mesin kecil, tenaga galak dengan fitur lengkap

Produsen Yamaha akan meluncurkan tunggangan sport full fairing R125 yang akan menjadi adik dari R15 yang lebih dulu meluncur. Motor yang secara tampilan mirip dengan R15, akan menggendong mesin kecil namun dengan fitur yang lebih lengkap dibanding R15.

Yamaha YZF125 menjadi kendaraan sport full fairing yang ditawarkan produsen Yamaha dengan kapasitas mesin lebih kecil yang sebelumnya ditempati R15. Diatas kertas motor ini dibekali dengan mesin satu silinder empat tak .

Dari dapur pacu SOHC berkapasitas 124,7 cc, mampu menghasilkan tenaga hingga 15 Ps pada 9.000 rpm serta torsi mencapai 12,4 Nm pada putaran 8.000 rpm. Dengan kapasitas mesin lebih kecil, Yamaha tetap memberikan teknologi terbaru diantaranya sistem katup variabel atau VVA untuk membantu dengan daya yang konsisten di semua kecepatan.

Yamaha R125 Foto: Greatbiker

Yamaha YZF125 memiliki ukuran silinder X stroke 52,00 x 58,6 mm, dengan sistem kerja pembakaran mesin menggunakan perangkat injektor yang dilengkapi teknologi elektronik TCI AMC CLUTCH Wet. Yamaha juga memberikan sentuhan desain terbaru pada speedometer yang seluruhnya disajikan menggunakan informasi digital. Dalam layar juga terdapat informasi lampu peringatan untuk sistem VVA, Lampu Shift dan lampu indikator gir.

Yamaha YZF125 dikembangkang menggunakan rangka yang diperkuat dengan steel deltabox. Sistem peredam ayun bagian depan menggunakan suspensi up side down berukuran 41 mm, yang disokong piranti penghenti laju menggunakan cakran berukuran 230 hidrolik tunggal.

Dimensi motor cukup proporsional sebagai tunggangan sport, dimana panjang 1.955 mm Lebar 680 mm Tinggi 1.065 mm, Tinggi kursi 825 mm Lebar wheelbase 1.355 mm Kapasitas tangki bahan bakar 11,5 liter. Assist & Slipper Clutch mencegah kopling pada disc kopling pada saat kami mengganti persneling dengan kecepatan tinggi.  

Yamaha R125 Foto: Greatbiker

Untuk mendukung kenyamanan saat berkendara di setiap putaran mesin, Yamah juga tetap memasangkan teknologi Assist & Slipper Clutch mencegah kopling pada disc kopling pada saat mengganti persneling di kecepatan tinggi.

Baca juga: Honda PCX terbaru meluncur, simak bocoran harga & mesin baru

Sebagai pilihan di kelas tunggangan sport bermesin 125 cc terbaru, terdapat pilihan 3 warna, yaitu biru-hitam, putih-hijau dan hitam. Sebagai catatan Yamaha YZF125 ini hanya akan dipasarkan di beberapa negara Eropa sebagai pematuhan standar kapasitas mesin yang aman bagi pengendara pemula di negara kawasan tersebut.

Mengenal Yamaha YZF150

Yamaha YZF150 atau biasa dikenal sebagai R15 diperkenalkan perdana di India pada 2008, sebagai tunggangan sport full fairing kelas bawah. Generasi kedua R15 atau dikenal dengan V2.0 kembali diluncurkan di India pada 2011 yang kemudian tunggangan ini baru mengaspal di Indonesia pada 2014.

Pada model generasi kedua yang meluncur di Indonesia, telah mendapatkan beberapa ubahan baik teknis maupun desain pada motor seperti penggunaan lengan ayun yang melengkung dari aluminium, pengaturan ECU (electronic control unit) yang berubah, ukuran ban dan roda yang lebih besar, desain jok terpisah, dan lampu belakang yang terinspirasi dari YZF-R6.

Yamaha R125 Greatbiker

Bertahan hanya tiga tahun, Yamaha langsung melakukan perombakan desain R15 yang resmi meluncur di Indonesia pada Januari 2017. Namun model ini telah lebih dulu diluncurkan di pasar sepeda motor India setahun sebelumnya.

Tunggangan sport full fairing di pasar otomotif nasional termasuk kecil, namun hadirnya beberapa model baru, mampu menumbuhkan kendaraan sport ini secara perlahan dan mulai memikat para konsumennya.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close