Trending

Sepak terjang Yan Bastian, bos Indomaret tewas kecelakaan: Gigih sejak 1988

Kabar duka menyelimuti keluarga Indomarco Prismatama (Indomaret). Bos mereka, yakni Direktur Indomaret Yan Bastian meninggal dunia usai mengalami kecelakaan lalu lintas di Tol Cipularang arah Jakarta.

Dia meninggal saat tengah bersama 8 anggota keluarganya. Namun yang lainnya selamat usai mobil SUV Hyundai yang ditumpanginya tertimpa truk kontainer yang terguling.

Muslima Fest

Publik pasti bertanya-tanya siapa sosok Yan Bastian, bos Indomaret yang tewas kecelakaan di Tol Cipularang?

Dalam tulisan kali ini Hops.id akan merinci siapa dia sebenarnya.

Sosok Yan Bastian Indomaret

Semasa hidup, Yan Bastian dikenal sebagai pribadi yang gigih dan ramah pada siapapun. Semasa hidup pula, Yan jadi sosok yang punya peran besar dalam perkembangan produk yang dijual oleh minimarket yang tersebar hampir di seluruh Indonesia itu.

Pria berusia 62 tahun itu meniti karier sejak waralaba itu dirintis pada 1988 lalu. Saat meninggal, Yan Bastian menduduki posisi sebagai Merchandising Direktor PT Indomarco Pirsmatama, perusahaan pengelola jaringan minimarket Indomaret.

Indomaret sendiri merupakan perusahaan asosiasi dari PT Indoritel Makmur Internasional Tbk (DNET), emiten ritel milik Grup Salim yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang didirikan oleh Sudono Salim. Usaha ini kini dilanjutkan anaknya, Anthoni Salim.

Kasir Indomaret. Foto: Istimewa
Kasir Indomaret. Foto: Istimewa

Indomaret yang jadi tempat kerja Yan Bastian adalah waralaba yang dirintis 1988 mulai eksis pada tahun 1997. Saat ini jaringan Indomaret berkembang sangat pesat, lebih dari 10.000 gerai di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Kurang lebih 32 persen dari gerai tersebut adalah waralaba (franchise) dan sisanya 68 persen milik perusahaan PT Indomarco Prismatama.

Indomaret mendapat gelar sebagai Perusahaan Waralaba Nasional 2003 pada masa pemerintahan Presiden Megawati Sukarnoputri.

“Kami atas nama manajemen dan karyawan merasakan duka yang mendalam atas kepergian mendadak Pak Yan Bastian, rekan kerja dan sahabat kami. Semoga arwahnya diterima di sisi Tuhan dan keluarga diberi kekuatan,” tutur Direktur Marketing Indomaret Wiwiek.

Kronologi

Diketahui, truk kontainer terguling di Km 91 Tol Cipularang arah Jakarta menimpa mobil SUV Hyundai. Seluruh penumpang yang berada di dalam mobil Hyundai itu menjadi korban.

Kecelakaan Yan Bastian bos Indomaret di Cipularang. Foto: Ist.
Kecelakaan Yan Bastian bos Indomaret di Cipularang. Foto: Ist.

Total ada delapan orang di dalam mobil. Satu orang tewas, yakni pengemudi, dan tujuh lainnya mengalami luka-luka. Korban merupakan satu keluarga yang diketahui beralamat di Serpong, Kabupaten Tangerang Selatan.

“Di Hyundai delapan orang, pengemudinya yang meninggal, lainnya luka ringan dibawa ke RS Abdul Radjak. Mereka satu keluarga: mertua, anak, dan cucu,” kata Kanit Laka Satlantas Polres Purwakarta Ipda Jamal Nasir, Sabtu 16 Oktober 2021.

Akibat kejadian ini, sopir truk diamankan ke kantor polisi untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close