Hobi

YouTube rilis fitur baru, konten kreator bakal punya sumber penghasilan tambahan

YouTuber bakal segera memiliki sumber pendapatan baru dari platform YouTube. Pasalnya, YouTube akan segera menghadirkan sebuah fitur baru di mana viewers bisa memberikan dukungan dan juga uang untuk konten kreator.

Fitur tersebut dinamakan Super Thanks yang memungkinkan viewers memberikan uang kepada pembuat konten dan fitur itu kini sedang diuji di platform berbagi video tersebut.

Melansir laman The Verge, Rabu 21 Juli 2021, fitur Super Thanks memungkinkan pengguna memberikan dukungan pada konten kreator dengan memilih salah satu dari empat titik harga antara $2 dan $50 atau setara setara Rp29.000 hingga Rp727.000. Nominal ini akan disesuaikan dengan mata uang negara masing-masing.

Fitur Super Thanks YouTube. Foto: Prensar
Fitur Super Thanks YouTube. Foto: Prensar

Super Thanks akan muncul di kolom yang sama dengan likes, unlikes, share, dan download. Ketika diklik, pengguna akan diarahkan ke pilihan untuk membayar kreator.

Jika penonton sudah memberikan sejumlah dukungan uang kepada kreator, mereka akan melihat animasi perayaan di layar dan komentar berwarna, dengan nama mereka muncul di bawah video di bagian kolom komentar. Kreator sendiri akan dapat melihat dan menanggapi munculnya pesan itu.

Fitur Super Thanks akan tersedia dalam versi beta di 68 negara, baik untuk perangkat Android, iOS maupun desktop. YouTube sendiri sebelumnya telah menguji alat serupa dengan nama berbeda, Viewer Applause, selama setahun terakhir.

Super Thanks adalah opsi keempat yang ditambahkan YouTube untuk penonton bisa membayar langsung para pembuat konten. Platform tersebut juga sebelumnya menawarkan keanggotaan saluran, yang memungkinkan pembuat konten menawarkan langganan bulanan kepada penontonnya.

Fitur baru YouTube, Super Thanks. Foto: Engadget
Fitur baru YouTube, Super Thanks. Foto: Engadget

Lalu ada Super Stickers dan Super Chat, yang memungkinkan penonton memberikan tip dalam chat selama live streaming. Bedanya Super Stickers dan Super Chat dengan Super Thanks adalah, Super Thanks dapat digunakan di semua upload yang memenuhi syarat. Sementara Super Stickers dan Super Chat hanya berfungsi di feed langsung.

Product Manager of Paid Digital Goods YouTube, Barbaca Macdonald mengatakan, untuk konten kreator yang ingin mendapatkan akses ke fitur Super Thanks, maka harus menjadi bagian dari YouTube Partner Program.

Barbara juga menjelaskan peluncuran fitur Super Thanks versi beta akan dilakukan secara acak kepada konten kreator di seluruh dunia, sebelum akhirnya hadir ke semua anggota Partner Program di akhir tahun ini.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close