Sains

Youtuber pemula dengan 1.000 subscriber bisa dapat duit segini

Hops.id – Youtuber dengan 1.000 subscriber sudah bisa memonetize akunnya.

Belakangan profesi sebagai Youtuber cukup menjanjikan. Saking menariknya, banyak artis yang kemudian ramai-ramai memilih mencari uang dari saluran berbagi video terbesar di dunia itu.

Bukan cuma kalangan jetset, masyarakat umum pun banyak yang kemudian kepincut menjadi seorang Youtuber. Sebab dengan peralatan sederhana sekalipun, bukan tidak menutup kemungkinan mereka bisa menikmati rupiah dari konten menarik yang dibuat.

Baru-baru ini ada seorang pemuda dengan akun Kuliah Sore yang membagikan pengalaman gaji pertama dari Youtuber pemula dengan 1.000 subscriber. Dia kemudian membandingkan gaji-gaji Youtuber dengan 15 juta subscriber, 5 juta subscriber, 1 juta subscriber, hingga 1.000 subscriber.

Youtuber pertama yang jadi perbandingannya dalam hal pendapatan tak lain adalah Atta Halilintar. Kata dia, Atta sejauh ini merupakan Youtuber dengan pendapatan nomor satu di Indonesia.

Bagaimana tidak, subscribernya mencapai 15 juta, menjadikannya sangat mudah untuk mencetak rupiah. “Nah, pendapatan Atta kalau kita lihat di socialblade-nya adalah bisa mencapai Rp7 miliar per bulan. Bayangin, Rp7 miliar sebulan buat apa coba,” kata dia, dikutip Sabtu 11 Januari 2020.

Baca juga: Deretan ponsel canggih yang siap rilis di 2020

Selanjutnya, dia kemudian merinci gaji Youtuber dengan 5 juta subscriber. Saat ini, kata dia, digenggam, Jess no Limit. Dia adalah gamers Mobile Legend yang cukup menyita perhatian publik di Indonesia.

“Padahal dia baru buka akun Youtube-nya sekitar tahun 2017 atau 2018. Tapi subscribernya sudah 5,6 juta dengan pendapatan Rp1,3 miliar per bulan.”

Gaji Youtuber yang dibandingkannya lagi kemudian adalah akun Nihongo Mantappu. Akun ini merupakan milik pria asal Indonesia yang kuliah di Jepang. Kata pemuda ini, Nihongo punya subscriber 1,4 juta, dengan pendapatan bisa mencapai Rp700 juta sebulan.

“Nah, untuk Youtuber subscriber 500 ribu, kita dapat channel gaming, namanya BBG. Pendapatannya bisa Rp200 juta,” katanya lagi.

Lantas bagaimana dengan Youtuber dengan 1.000 subsciber? Angkanya sangat jauh berbanding dengan Youtuber-youtuber di atas. Sekadar diketahui, akunnya baru dibuat pada Desember 2018. Nah, akun tersebut baru bisa dimonetize jika sudah mendapat 1.000 subscriber.

“Nah ,untuk Kuliah Sore sendiri, sebenarnya cukup menyedihkan ya. karena Kuliah Sore memang jarang upload, upload itu kalau sempat. Bisa dibilang, satu atau dua minggu sekali baru upload.”

“Nah, karena itu, pendapatannya juga enggak seberapa ya. Jadi jangan kira Kuliah Sore gajinya sudah sama kayak UMR, belum. Kalau dirupiahin ada di kisaran Rp700 ribu sampai Rp10 juta per bulan,” lanjutnya.

Jika mendengar angka Rp10 juta tentu banyak dari kalian pasti beranggapan menggiurkan. Tetapi secara real, jika dilihat dari analityc Youtube-nya, ternyata tak sampai setengahnya.

Ini berkaitan dengan seberapa banyak dia menghasilkan video dan seberapa banyak videonya ditonton orang. “Dalam sebulan Kuliah Sore dalam perhitungan terakhir, mendapat Rp820 ribu. Saya bikin akun sejak Desember 2018. Dan akun ini mulai dimonetize sejak Januari. Nah, dari Januari sampai Mei 2019, dengan 1.000 subcriber saat itu, sudah mendapat Rp2,8 juta,” tutupnya. (Wren Jonah)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close